Spesifikasi Yamaha Nmax Turbo, CVT-nya Gak Pakai Roller Lagi?
Uzone.id- Yamaha Nmax Turbo akhirnya diluncurkan setelah dinanti-nanti selama satu minggu belakangan ini. Banyak spesifikasi yang menarik dari generasi terbaru Nmax ini, salah satunya komponen CVT yang sudah enggak menggunakan roller.
Antonius Widiantoro selaku Asst. GM Marketing Public Relation PTYamahaIndonesia Motor Manufacturing menyebutkan mesinNmax Turbosudah dilengkapi Yamaha Electric Continous Variable Transmission (YECVT). Komponen ini membuat Nmax terbaru memiliki dua mode berkendara yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.
"Mesin Nmax Turbo sudah menggunakan YECVT yang sudah terintegrasikan mesin Blue Core VVA," ujar Anton di Jakarta, Rabu (12/6).
Mesin terbaru Yamaha Nmax Turbo memilikispesifikasi155 cc, 1-silinder, SOHC, 4-katup, 4-tak, Blue Core dengan VVA. Dengan menggunakan YECVT, membuat motor ini mampu menghasilkan tenaga 15,1 dk di 8.000 rpm dan torsi maksimal sebesar 14,2 Nm di 6.500 rpm.
Perolehan tenaga dan torsi ini mirip dengan milik Yamaha Lexi LX 155, yang mana memiliki torsi lebih tinggi dibandingkan generasi sebelumnya. Mengingat di generasi sebelumnya Nmax memiliki tenaga 15,1 dk dan torsi hanya 13,9 Nm saja.
YECVT menjadi komponen yang paling menarik dari Yamaha Nmax Turbo, karena berbeda dari sistem CVT konvensional. Sayangnya teknologi ini hanya tersedia di varian Nmax Turbo dan Turbo TechMAX, sementara varian Neo dan Neo S masih menggunakan CVT konvensional.
"Ada beberapa spare part yang berbeda, antara yang Turbo dan Neo pun berbeda. Terutama di sektor transmisi, crankshaft, motor juga enggak ada kalau di Neo dan motor lainnya. Roller juga enggak ada (varian Turbo), karena YECVT menggantikan fungsi mekanisme konvensional CVT yang pergerakannya mengugnakan roller yang menggunakan gaya sentrifugal. Nah, fungsi itu digantikan dengan YECVT," jelas Anton.
YECVT juga mampu membuat Yamaha Nmax Tubro memiliki dua mode berkendara yakni T-Mode (Town Commuting) dan S-Mode (Sport Touring).
Dari hasil pengetesan internal Yamaha, YECVT dalam mode S-Mode mampu membuat akselerasi Nmax terbaru menjadi lebih baik. Tercatat dari 0-100 meter bisa diraih dalam waktu 7,2 detik saja, sementara Nmax generasi sebelumnya membutuhkan hingga 7,43 detik.
Nmax Turbo juga dapat menempuh jarak 200 meter secara lebih cepat, yakni hanya 11,56 detik saja. Sementara Nmax lama membutuhkan waktu hingga 11,93 detik.
"Pada kondisi jalan menanjak 150 meter sudut 10 derajat, Nmax Turbo juga bisa lebih cepat dengan jarak 9,9 meter lebih cepat," jelasnya.
YECVT juga membuat Yamaha Nmax Turbo memiliki fitur Y-Shift yang mempu memberikan sensasi berkendara serasa turbo. Mengaktifkan Y-Shift bisa meningkatkan akselerasi secara instan dengan 3 tingkatan yakni Low, Medium, dan High.
Yamaha mengklaim, Y-Shift cocok digunakan ketika ingin mendahului kendaraan di depan, melewati tanjakan, ataupun berkendara sambil berbonengan. Menariknya Y-Shift juga bisa digunakan untuk deselerasi ketika menghadapi jalan menurun dan saat masuk ke tikungan.
Detail spesifikasi Yamaha Nmax Turbo:
Tipe Mesin | 155cc Blue Core, VVA, 4 Valve SOHC + YECVT |
Tipe Mesin Neo | 155cc Blue Core, VVA, 4 Valve SOHC |
Jumlah/Posisi Silinder | Single Cylinder |
Volume Silinder | 155.09 cc |
Diameter x Langkah | 58 mm x 58.7 mm |
Perbandingan Kompresi | 11.6 : 1 |
Daya Maksimum | 11.3 kW / 8000 rpm |
Torsi Maksimum | 14.2 Nm / 6500 rpm |
Sistem Starter | Electric Starter |
Sistem Pelumasan | Wet Sump |
Kapasitas Oli Mesin | 1 L (Turbo), 0.9 L (Neo) |
Sistem Bahan Bakar | Fuel Injection |
Tipe Kopling | Single Dry Clucth |
Tipe Transmisi | Automatic |
Tipe Rangka | Underbone |
Suspensi Depan | Teleskopic |
Suspensi Belakang | Unit Swing |
Ban Depan | 110/70 - 13 M/C 48P |
Ban Belakang | 130/70 - 13 M/C 63P |
Rem Depan | Hydraulic Single Disc Brake |
Rem Belakang | Hydraulic Single Disc Brake |
P x L x T | 1.935 mm x 740 mm x 1.200 mm |
Jarak Sumbu Roda | 1340 mm |
Jarak Terendah Ke Tanah | 135 mm |
Tinggi Tempat Duduk | 770 mm |
Berat Isi | 135 Kg (Turbo Tech MAX), 133 Kg (Turbo), 130 Kg (Neo) |
Kapasitas Tangki Bensin | 7.1 L |
Sistem pengapian | TCI |
Baterai | YTZ6V/YTZ7V |
Tipe Busi | NGK/CPR8EA-9 |