Stres di Tempat Kerja? Coba Atasi dengan Cara Ini

pada 7 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

Jika Anda bekerja di bidang yang memiliki tingkat stres tinggi, maka Anda harus segera cari cara untuk mengalihkannya.

Pasalnya, jika Anda membiarkan tubuh didera stres, berbagai penyakit lain bisa menyerang sistem kekebalan tubuh Anda.

Beberapa faktor pemicu stres di tempat kerja biasanya meliputi banyaknya tuntutan kerja, jadwal yang ketat, gaji yang tak seberapa, rekan kerja yang menyebalkan dan masih banyak masalah lainnya.

Berikut beberapa tips sederhana yang dapat membantu Anda mengusir stres di tengah tingginya tuntutan kerja sehari-hari dilansir dariBoldsky.

Tips # 1
Pertama, Anda harus memiliki 'me time'. Waktu luang tak harus selalu dihabiskan untuk berbelanja atau pergi ke salon. Anda bisa meluangkan 'me time' untuk sekadar meditasi dan menenangkan pikiran.

Tips # 2
Catatlah tugas yang dibebankan kepada Anda di tempat kerja dalam sebuah jurnal. Anda bisa mengetahui tugas mana yang sudah Anda kerjakan, dan mana yang belum. Catatan ini juga bisa diandalkan sebagai bukti, jika sewaktu-waktu atasan memarahi Anda, karena dianggap tak becus bekerja.

Tips # 3
Anda harus bertanya pada diri Anda sendiri, sejauh mana pekerjaan ini bermanfaat bagi diri Anda secara keseluruhan. Apakah gaji yang Anda terima sesuai dengan beban kerja? Apakah tunjangan kesehatan yang Anda terima mampu membiayai efek yang diakibatkan oleh pekerjaan ini? Jangan ragu untuk mencari pekerjaan lain yang lebih baik demi kesehatan Anda di masa depan.

Tips # 4
Pastikan Anda memang menyenangi pekerjaan yang dijalani. Jangan-jangan pekerjaan ini memicu stres, karena tak benar-benar Anda kuasai dan senangi.

Tips # 5
Ada banyak tipe teman kantor. Bukan bermaksud menyarankan Anda untuk berkelompok, tapi berkumpullah dengan teman-teman yang sesuai dengan karakter Anda. Hal ini bisa membuat Anda lebih menikmati pekerjaan dan menurunkan tingkat stres.

Tips # 6
Gunakan waktu libur dengan sebaik-baiknya. Anda bisa berkumpul dengan keluarga, pasangan, atau sahabat untuk mengunjungi tempat-tempat yang menyenangkan. Gunakan pula jatah cuti Anda minimal tiga kali dalam setahun untuk berlibur ke tempat yang belum pernah Anda datangi sebelumnya.

Bagaimana, sederhana kan cara meredam stres Anda akibat pekerjaan? Jadi, segera lakukan beberapa tips sederhana tersebut agar Anda bisa lebih menikmati hidup meski harus tetap survive dengan kesibukan sehari-hari.

 

Berita Terkait: