Studi: Mandi Sauna Bisa Turunkan Risiko Pikun

pada 7 tahun lalu - by

Suara.com- Sebuah studi terkini mengungkap manfaat mandi sauna yang dapat menurunkan risiko kepikunan atau demensia pada orang lanjut usia. Untuk mendapatkan temuan ini peneliti dari University of Eastern Finland melibatkan 2000 responden laki-laki untuk melakukan mandi sauna dalam intensitas yang berbeda.

Hasil menunjukkan, lelaki yang rutin mandi sauna 4-7 kali seminggu, 66 persen lebih rendah risikonya mengalami kepikunan saat lansia, dibandingkan laki-laki yang jarang atau tak pernah mandi sauna.

Mandi sauna secara rutin, menurut peneliti dapat melindungi otak dari risiko penurunan fungsi memori. Sebelumnya banyak penelitian yang mengungkap manfaat mandi sauna dalam mencegah penyakit jantung.

"Sensasi menenangkan dan efek relaksasi saat mandi sauna dipercaya berperan meningkatkan fungsi kognitif pada otak sehingga melindungi orang dari risiko demensia atau kepikunan," ujar Prof Jari Laukkanen pemimpin peneliti.

Meski terbukti bermanfaat untuk mencegah kepikunan, Anda para kaum Adam tetap harus mewaspadai risiko gangguan kesuburan dari kebiasaan mandi sauna. Suhu tinggi saat mandi sauna diyakini dapat merusak sperma yang pada gilirannya meningkatkan risiko infertilitas. (Zeenews)

 

Berita Terkait: