Suasana Lebaran Kian Terasa, Berkat 5 Kue Wajib Ini

pada 7 tahun lalu - by

Lebaran biasanya diisi dengan menerima kunjungan dari para kerabat atau anggota keluarga besar. Biar suasana makin akrab, hidangan khas pun sering disajikan di atas meja makan. Selain opor dan ketupat, kudapan ringan seperti kue-kue kering pun tidak boleh ketinggalan. Berikut 5 kue kering yang wajib mengisi toples berikut ini.

Kastengel

Tidak ada yang bisa menolak kelezatan kue kering yang satu ini. Rasanya yang gurih berkat paduan keju di dalam adonan hingga dijadikan taburan di atasnya membuat kastengel selalu ada mengisi Hari Lebaran. Kastengel sendiri berasal dari bahasa belanda, katakaasberarti keju danstengelsyang berarti batangan. Itulah kenapa bentuk kue ini mirip batangan keju kecil yang menggoda selera siapa pun yang melihatnya.

Kue Putri Salju

Kue yang satu ini dijamin bakal jadi rebutan para tamu yang datang berkunjung ke rumah. Berbeda dengan kastengel yang memiliki warna kuning keemasan, kue putri salju ini berwarna putih salju mirip seperti namanya. Berbahan dasar adonan tepung terigu, tepung maizena, mentega, dan kuning telur, kue puteri salju biasanya dibentuk mirip bulan sabit.

Rasa kue kering yang gurih, manis, dan renyah ini banyak ditemukan di toko-toko yang menjualnya dalam toples-toples kecil. 

Kue Nastar

Nastar sempat dikenal dengan ciri khasnya kue bulat warna emas dengan isian selai nanas dan cengkeh di atasnya. Nama kue kering ini berasal dari bahasa Belanda, ananan dan taart. Kini nastar tidak hanya berisi selai nanas saja, tapi juga strawberry dan blueberry. Begitu juga bentuknya yang kini tidak hanya berbentuk bulat, tapi juga tabung, daun, keranjang, dan ditaburi keju. Sedap!

Lidah Kucing

Bentuknya panjang dan tipis membuat kue kering ini dikenal dengan nama Lidah Kucing. Punya nama asliKatte Tong, kudapan manis yang satu ini mulai berkembang pada masa kolonial Belanda dan hingga kini menjadi salah satu favorit masyarakat Indonesia saat Hari Lebaran tiba. Selain rasa vanila, lidah kucing juga muncul dengan varian rasa cokelat, keju, cappucino, hingga warna-warni pelangi yang menggugah selera.

Pastel Mini Isi Abon

Kue unik ini sering dijadikan kudapan gurih yang disajikan saat ada kerabat yang berkunjung. Berbahan dasar adonan tepung terigu, mentega, gula, garam, dan isian abon membuatnya cukup digemari masyarakat Indonesia karena rasanya yang gurih dan lezat.

Bikin suasana Lebaran makin kental dengan menyajikan kue kering ini di atas meja.