Survei: Sosial Media jadi Alasan Utama Warga Indonesia Main Internet
Ilustrasi Foto: Luke/Unsplash
Uzone.id- Perkembangan pengguna internet di Indonesia mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Seperti yang ada dalam survei internet APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) Kuartal 2019-2020, pengguna Internet Indonesia mengalami kenaikan penetrasi internet dari 64,8 persen di 2018 menjadi 73,7 persen di 2019-2020.
Jumlah pengguna pun mengalami peningkatan dari 171,1 juta pengguna di Q2 2018 menjadi 196,7 pengguna di periode yang sama tahun 2019-2020.
Survei ini juga menunjukkan perilaku pengguna internet di Indonesia selama periode Kuartal II 2019-2020.
Baca juga:Berapa Jumlah Pengguna Internet di Indonesia 2020?
Dalam laporan tersebut, hampir 95,4 persen pengguna internet setiap harinya terhubung ke internet melalui perangkat smartphone mereka. Selain itu, sebanyak 19,7 persen pengguna juga menggunakan laptop atau tablet setiap harinya untuk tetap terhubung ke internet.
Untuk waktu rata-rata menggunakan internet, responden ternyata banyak menghabiskan waktu berjam-jam dalam satu hari untuk berselancar di internet. Mengutip laporan dari APJII, selama Q2 2019-2020, sebanyak 19,5 persen pengguna menghabiskan rata-rata 8 jam ke atas di internet. Kemudian posisi kedua, 12,4 persen menghabiskan sekitar 3 hingga 4 jam di internet.
Sebanyak 11,4 persen pengguna ternyata menggunakan 1 jam lebih dan bahkan sebanyak 7,3 persen pengguna hanya menggunakan internet kurang dari satu jam saja.
Secara umum, alasan pertama bagi pengguna internet untuk menggunakan internet adalah untuk bermain di sosial media.
BACA JUGA: Perempuan Ini Tuker Tambah vivo V20 dengan iPhone 6, Netizen: Gengsi Mengalahkan Logika
Menurut laporan data dari APJII, sebanyak 51,5 persen pengguna memilih sosial media sebagai alasanpertamamenggunakan internet. Disusul 32,9 persen pengguna memiliki alasan utama menggunakan internet adalah untuk berkomunikasi lewat pesan. Selanjutnya, sebanyak 5,2 persen pengguna menggunakan internet untuk bermain game.
Alasankeduayang paling banyak dipilih adalah berkomunikasi dengan orang lain lewat platform perpesanan dengan persentase sebanyak 29,3 persen. Alasanketiga, sekitar 21,7 pengguna internet ternyata ingin mencari hiburan di internet.
Alasankeempatadalah untuk mencari informasi pekerjaan dengan persentase sebanyak 23,3 persen.
Dilihat dari data tersebut, dapat disimpulkan bahwa warganet di Indonesia banyak menggunakan internet untuk bermain sosial media, chatting, game, hiburan, dan urusan pekerjaan.