Suzuki Diam-diam Produksi Motor Hidrogen, Kapan Dirilis?

pada 7 bulan lalu - by

Uzone.id- Suzuki tampaknya kini selangkah lebih maju dalam hal perkembangan ramah kendaraan lingkungan dari produsen sepeda motor lain. Pabrikan berlambang S ini, kabarnya sudah memiliki teknologi motor berbahan bakar hidrogen.

Hal ini diketahui pertama kali dari situs Suzuki Jepang yang memaparkan rencananya untuk kendaraan yang ramah lingkungan di masa depan. Dalam laporan tersebut terdapat motor dan mobil baru yang menggunakan teknologi listrik.

Menariknya terdapat Suzuki Burgman 400 yang disulap menjadi motor bermesin hidrogen. Kabarnya motor tersebut akan melakukan debut perdananya di Japan Mobility Show pada 26 Oktober - 5 November 2023.

Suzuki Burgman 400 sendiri sudah dijual di beberapa negara Eropa dan Australia. Hadirnya Burgman hidrogen tentunya menjadi salah satu cara Suzuki untuk mencapai netralitas karbon.

Bocoran dari Suzuki, Burgman hidrogen tersebut akan dibekali tangki hidrogen berkapasitas 70 MPa. Sayangnya tidak banyak informasi yang diberikan Suzuki terkait motor hidrogen tersebut.

Namun yang jelas informasi akan lebih banyak diperoleh pada Japan Mobility Show 2023.

Selain Suzuki Burgman 400 hidrogen, Suzuki juga akan menampilkan motor listrik e-Burgman yang dikabarkan setara dengan mesin 125 cc. Motor listrik tersebut akan memanfaatkan layanan berbagi baterai dari Gachaco.

Suzuki e-Burgman sendiri sudah dites di India dengan sistem penggerak di tengah. Kemudian untuk menggerakkan roda belakang, e-Burgman mengandalkan sistem penggerak rantai dengan bahan van belt seperti matic pada umumnya.

Mengenai kapasitas baterainya dan penggerak listrik Suzuki e-Burgman masih dirahasiakan. Namun terdapat klaim yang menyebutkan motor ini mampu menjangkau jarak 44 kilometer dengan kecepatan stabil 60 km/jam di jalanan datar.

Suzuki e-Burgman sendiri sudah dites jalan di India sebelum akan diluncurkan resmi pada 2024 mendatang. Sementara hingga tanggal peluncurannya, motor listrik ini akan dites di Jepang.