Suzuki Grand Vitara Bakal Pakai Fitur ADAS di Awal 2024

pada 6 bulan lalu - by

Uzone.id-Suzuki Grand Vitara termasuk sebagai pendatang baru di segmen SUV kompak di Tanah Air. SUV yang namanya legendaris ini diluncurkan sejak IIMS 2023 lalu.

Meski begitu, banyak yang menyayangkan kalau Suzuki hanya menyematkan teknologi hybrid ringan SHVS pada SUV ini, tanpa membekalinya juga dengan fitur keselamatan aktif seperti ADAS.

 

 

Padahal, fitur ADAS saat ini sudah jadi piranti umum yang ada di mobil-mobil kekinian, apalagi yang berjenis SUV kompak. Namun tenang, karena sebentar lagi Suzuki akan menyematkan fitur ADAS pada jagoannya ini.

Dikutip dari Gaadiwaadi, Maruti Suzuki yang memproduksi SUV ini akan menyematkan teknologi tersebut pada Grand Vitara. Rencananya, Grand Vitara yang sudah dilengkapi ADAS akan mulai dipasarkan pada awal 2024.

Disebutkan bahwa ADAS pada Grand Vitara masih Level 2. Artinya, teknologi ini bisa memberikan sederet fitur canggih, seperti Adaptive Cruise Control, Lane Departure Warning, Lane Keep Assist, Autonomous Brake, dan lainnya.

 

 

Peningkatan ini tentunya juga akan berdampak pada harga jualnya. Saat ini, di India Grand Vitara dibanderol mulai Rp250 jutaan hingga Rp 380 jutaan. Dengan adanya ADAS, kemungkinan kenaikan harganya bisa mencapai Rp9 jutaan hingga Rp14 jutaan.

Untuk pasar Indonesia sendiri, saat ini PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memasarkan Grand Vitara mulai Rp359,4 juta hingga Rp387,4 juta. Dengan ditambahkan ADAS, kemungkinan akan tipis di bawah Rp400 juta.