Suzuki Recall Burgman Street dan Avenis, Indonesia Kena Imbas?

pada 23 hari lalu - by

Uzone.id - Suzuki Motorcycle India telah mengeluarkan penarikan kembali alias recall pada beberapa produk termasuk Burgman Street 125 dan Avenis 125. Recall ini dilakukan karena terdapat kerusakan kabel tegangan tinggi pada koil pengapian.

Dikutip dariHindustantimes,SuzukiBurgman Street danAvenisyang terdampak adalah produksi 30 April hingga 3 Desember 2022. Akibat hal ini, setidaknya 72.025 unitBurgman Street125 dan 52.578 unit Avenis 125 di-recalldi India.

Secara lebih rinci, kabel tegangan tinggi pada koil tersebut tidak memenuhi persyaratan Gambar dan dipasang pada koil pengapian. Kabel tersebut dapat retak hingga putus jika dibengkokan berulang yang disebabkan oleh osilasi mesin selama pengoperasian.

Efeknya jika dibiarkan dapat mengakibatkan mesin mati dan kegagalan penyalaan pada kedua model tersebut.

Di sisi lain, jika kabel tegangan tinggi yang retak terkena air maka berpengaruh pada sensor kecepatan. Sensor kecepatan pada katup gas dapat rusak akibat kebocoran pengapian yang mengakibatkan tampilan kecepatan menjadi mati.

Suzuki India pun menghubungi pelanggan yang terdampak dan meminta mereka untuk memeriksa motor mereka di pusat layanan terdekat. Lalu muncul pertanyaan, bagaimana di Indonesia?

 

 

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sebagai pemegang merek Suzuki di Tanah Air juga memasarkan Burgman Street 125 EX dan Avenis 125 berstatus CBU dari India.

Teuku Agha selaku Sales and Marketing Division Head 2W PT SIS menyebutkan pihaknya sedang berkordinasi dengan Suzuki di India. Pihaknya pun mengaku siap untuk melayani keluhan konsumen jika memang terdapat penarikan kembali.

"Saat ini masih koordinasi Suzuki Indonesia dengan Suzuki India, jadi tunggu rilis berita resmi dari kami. Yang pasti Suzuki di Indonesia tetap akan menjaga kepuasan konsumen terhadap kualitas produk yang dibeli baik itu produk lokal ataupun yang import," ujar Agha ketika dihubungiUzone.id.

 

 

Seperti diketahui, Suzuki Avenis 125 telah meluncur di Indonesia sejak Oktober 2022, sedangkan Burgman Street 125 EX dijual mulai Oktober 2023. Jika melihat tanggal produksi yang terdampak, memang hanya Avenis 125 saja yang diduga mengalami masalah yang sama seperti di India. Sedangkan Burgman Street 125 EX tidak termasuk dalam tanggal produksi tersebut.

Mengenai harganya, Suzuki Avenis 125 yang dijual di Indonesia ditawarkan dengan harga Rp30,1 juta on the road DKI Jakarta. Sementara Burgman Street 125 EX dijual dengan harga Rp26,2 jutaan untuk on the road DKI Jakarta.