Tadex Mau Jadi ‘Google Ads’ Versi Lokal, Jokowi: Karya Anak Bangsa Harus Didukung

pada 3 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id-- Tadex, kepanjangan dari Tanah Air Digital Exchange resmi meluncur secara publik pada Selasa, 29 Juni 2021. Acara peluncuran digelar secara virtual dan dihadiri oleh deretan tokoh penting, mengukuhkan bahwa layanan Tadex memang berperan penting di ekosistem digital Indonesia.

Tadex lahir dari kolaborasi berbagai pihak, di antaranya TelkomGroup, Telkomsel, dan Dewan Pers selaku badan yang menaungi daftar media-media kredibel Tanah Air. Secara singkat, Tadex ingin menjadi jembatan antara publisher, marketer, dan advertiser agar dapat menghidupkan periklanan secara sehat dan efektif di dunia digital.

“Kolaborasi ini menjadi kekuatan penyeimbangan dan menjadi momen bersejarah bagi industri periklanan.Programmatic[Advertising] ini tak kalah dengan Google Ads, dari Indonesia untuk Indonesia,” ungkap Menteri BUMN Erick Thohir saat acara peluncuran, Selasa (29/6).

Menyusul apresiasi tersebut, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo juga mengatakan betapa pentingnya produk lokal yang ingin menjadi solusi nyata bagi industri Tanah Air, khususnya di sektor digital.

Baca juga:TelkomGroup Luncurkan Tadex, 'Google Ads' Versi Lokal untuk Media

“Karya anak bangsa ini harus kita dukung dan manfaatkan sebaik-baiknya untuk mendorong ekosistem digital di Indonesia. Saya yakin Tadex akan memberikan angin segar untuk memberikan peluang baru bagi publisher, marketer, advertiser, dan pemangku kepentingan lain,” tutur Jokowi pada kesempatan yang sama.

Ia melanjutkan, “untuk merebut peluang digital, kita harus menghadirkan solusi digital untuk mendukung percepatan teknologi digital di Tanah Air. Saat ini kontribusi sektor ekonomi digital bagi PDP baru 4 persen, artinya kita harus berlari lebih cepat lagi agar 2025 kita bisa menguasai 4 persen dari digital Asia.”

Berbicara soal teknologi digital, Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah yang juga hadir dalam acara peluncuran menuturkan bahwa selama ini perusahaan telah mencanangkan diri untuk mendukung beragam ekosistem melalui optimalisasi teknologi digital, seperti UMKM, pendidikan, pertanian hingga pariwisata.

“Sejalan dengan transformasi untuk menjadi digital telco yang tengah dilakukan Telkom saat ini, TADEX menjadi salah satu wujud peran aktif Telkom dalam membangun dan memajukan dunia periklanan nasional. Semoga kehadiran Tadex sebagai produk anak bangsa dapat mendukung industri periklanan Indonesia yang hadir dari, oleh dan untuk para pelaku industrinya sendiri, dan pada akhirnya mewujudkan kedaulatan digital Indonesia,” kata Ririek.

Baca juga:Tadex Siap Lawan Clickbait dan Hoaks di Media

Sebagai layanan premiumprogrammaticperiklanan, Tadex memiliki tiga fitur yang menjadi unggulan. Pertama, Tadex terhubung dengan sistem big data analytics milik TelkomGroup, sehingga iklan yang ditayangkan akan lebih efektif dan tepat sasaran sesuai dengan target segmen yang diinginkan oleh pengguna atau pengiklan.

Kedua, Tadex menawarkan beragam kategori media penyaluran iklan digital, mulai dari SMS, MMS, aplikasi, hingga situs web dari para publishers terpercaya. Dengan saluran media yang beragam tersebut dapat menjangkau sebanyak mungkin pelanggan atau penerima iklan.

Ketiga, Tadex memungkinkan penggunanya untuk melakukan personalisasi iklan secara luas untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pemasangan iklan, serta menjalankan programmatic ads melalui publisher yang terpercaya. Hal ini menjadikan pemasangan iklan menjadi lebih tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan pengguna atau pengiklan.