Tahun Baru, ASDP Merak Berangkatkan 27.916 Penumpang

pada 7 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

PT Angkutan Sungai Danau Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Merak mencatat, telah memberangkatkan 27.916 penumpang dari Jawa menuju Pulau Sumatera pada pergantian tahun 2017 ke 2018.

Adapun jumlah tersebut, terdiri dari penumpang pejalan kaki sebanyak 5.991 orang dan penumpang di atas kendaraan 22.425 orang. Sementara itu, jumlah kendaraan berupa motor dan mobil tercatat 2.582 unit, truk 2.200 unit dan bus 825 unit.

"Semua penyeberangan Pelabuhan Merak-Bakauheni, Lampung berlangsung lancar," kata Manager Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Ado Warsono, seperti dikutip dari Antara, Selasa (2/1)

Ado memperkirakan puncak arus balik akan terjadi pada Selasa (2/1) karena instansi pemerintah maupun BUMN dan swasta sudah kembali beroperasi. Jumlah penumpang juga diperkirakan akan meningkat dibanding tahun lalu.

Selama Natal dan Tahun Baru, menurut Ado, pihaknya mengoperasikan "kapalroll on roll off" atau Ro-Ro sebanyak 33 armada dengan penyeberangan pulang pergi di atas 100 trip.


Selain itu, pihaknya juga juga mengoptimalkan enam dermaga guna menghindari kemacetan maupun antrean kendaraan.

"Kami terus meningkatkan kualitas pelayanan dengan mengutamakan keselamatan sampai tujuan," katanya.


Ia pun mengimbau penumpang kendaraan agar mentaati peraturan agar perjalanan tidak menimbulkan kemacetan. Selain itu, penumpang dingatkan untuk mentaati rambu-rambu keselamatan di atas kapal maupun di pelabuhan.

"Kami berharap pengendara tidak menghidupkan mesin kendaraan di atas kapal yang tengah melakukan penyeberangan guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan," katanya.