Tak Mau Ketinggalan, Baidu Bakal Rilis ChatGPT Versi China

pada 1 tahun lalu - by

Uzone.id– Dominasi ChatGPT terus meluas ke berbagai aspek, bahkan Google pun harus mulai melangkah agar tidak ketinggalan. Tak mau kalah, China pun bakal merilis chatbot berbasis AI mirip dengan ChatGPT.

Mengutip dari Reuters, Selasa, (31/01), mesin pencarian utama China, Baidu, berencana meluncurkan layanan chatbot AI yang mirip dengan ChatGPT pada bulan Maret mendatang.

Perusahaan juga berencana merilisnya dalam bentuk aplikasi mandiri dan akan secara bertahap menggabungkannya dalam mesin pencarian mereka.

Baca juga:Begini Cara Pakai ChatGPT, Bisa Kerjakan Tugas dan Ujian?

Rencana bersifatconfidentialini disampaikan oleh salah satu sumber yang tidak ingin disebutkan namanya.

Nantinya, Baidu akan memasukkan hasil pencarian chatbot ini ketika pengguna mencari sesuatu di search engine ini.

Saat ini, chatbot di China berfokus pada interaksi sosial seperti teman virtual, sedangkan ChatGPT sendiri bekerja secara lebih luas, termasuk hal-hal profesional seperti pemrograman dan juga penulisan esai.

Baca juga: Google Makin Terancam, Microsoft Siap Akuisisi ChatGPT

Baidu sendiri sudah banyak berinvestasi di teknologi AI, jadi tak heran kalau saat ini mereka akan melebarkan sayap ke platform chatbot berbasis AI seperti ChatGPT. Salah satu teknologi AI yang sudah mereka kembangkan termasuk dalam layanan cloud, chip dan juga kendaraan otonom.

Kehadiran ChatGPT versi China ini bisa jadi ancaman baru bagi Google setelah ChatGPT, pasalnya chatbot berbasis AI kini sudah banyak digunakan warganet untuk membantu menyelesaikan tugas hingga mencari informasi dalam waktu singkat.