Tak Sakit saat Dicubit? Jangan-jangan Anda Derita Penyakit Langka Ini

pada 7 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

Coba cubit pipi Anda terasa sakitkah? Bila belum terasa sakit, coba cubit lebih keras, sakitkah?

Bila terasa sakit, tandanya normal, tapi bila tak juga sakit jangan terburu-buru senang lantaran merasa hebat, sebab bisa jadi itu tanda ada yang tak beres dengan tubuh Anda.

Ya, tidak bisa merasakan sakit justru merupakan hal yang berbahaya. Rasa sakit, bagi kebanyakan dari kita, adalah sensasi yang sangat tidak menyenangkan.

Namun kondisi ini memiliki tujuan penting, yaitu memperingatkan kita terhadap cedera yang berpotensi mengancam nyawa. Jika Anda menginjak sepotong kaca atau membenturkan kepala Anda terlalu keras, rasa sakit minta ampunnya memerintahkan Anda untuk segera mendapatkan bantuan medis.

Lalu, bagaimana jika Anda tidak pernah merasa sakit?Dikutip Hello Sehat ketidakmampuan untuk merasa sakit disebut dengan CIP (congenital insensitivity to pain).

CIP adalah suatu kondisi sangat langka, hanya sekitar 20 kasus yang telah dilaporkan dalam literatur ilmiah sampai detik ini.

Apa itu congenital insensitivity to pain (CIP)? Congenital insensitivity to pain (CIP) adalah kondisi bawaan sejak lahir yang membuat seseorang tidak bisa dan tidak pernah merasakan sakit di bagian manapun dari tubuh mereka ketika terluka.