Tak Semua Sukses, Ini 5 Startup Besutan Gibran Rakabuming Raka

pada 6 bulan lalu - by

Uzone.id– Gibran Rakabuming Raka, putra pertama dari Joko Widodo resmi ditunjuk sebagai wakil presiden RI berpasangan dengan Prabowo Subianto pada Pemilihan Presiden 2024. Pembahasan tentang Gibran pun langsung menyesaki linimasa, tak terkecuali soal bisnis dan startup yang ia bangun.

Gibran yang saat ini menjabat sebagai walikota Solo menjadi calon wakil presiden termuda untuk periode Pemilu 2024. Kita tahu bahwa sebelum terjun ke dunia politik, walikota yang lahir pada tahun 1987 ini juga aktif di industri bisnis.

Salah satu produk yang terkenal dari Gibran adalah produk makanan Markobar yang saat ini sudah memiliki cabang dimana-mana.Nah, selain makanan, ada juga startup yang didirikan oleh Gibran, berikut beberapa diantaranya.

Mangkokku

Perusahaan di bidang makanan ini didirikan pada tahun 2019 oleh Gibran Rakabuming Raka bersama dengan adiknya Kaesang Pangarep, Arnold Poernomo, dan Randy Kartadinata. 

Di tahun 2022, Mangkokku mendapat suntikan dana Seri A senilai USD7 juta atau Rp111 miliar yang dipimpin oleh Alpha JWC Ventures dan EMTEK serta partisipasi dari Cakra Ventures.

 

 

Mangkokku hingga saat ini telah memiliki 50 gerai di Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Malang dan Solo. Tidak hanya memperluas cabang, Mangkokku juga meningkatkan pengiriman online mereka dengan merilis layanan berbasis aplikasi.

iColor

Tidak hanya di bidang makanan saja, Gibran juga memiliki perusahaan rintisan di bidang jasa. Perusahaan ini bernama iColor yang menjual jasa service produk-produk keluaran Apple, seperti iPhone, iPad, Macbook, iMac.

Bisnis ini dirintis semenjak tahun 2010 lalu bersama dengan Adi Suryajaya dengan fokus memberikan jasa penanganan perangkat Apple dengan harga terjangkau. Hingga saat ini, perusahaan tersebut sudah tersebar di berbagai wilayah, termasuk Jakarta, Bekasi, Surabaya, Bandung, Banjarmasin, Surakarta, Yogyakarta, Depok hingga Balikpapan.

Madhang

Madhang Indonesia didirikan pada tahun 2017 Pulung Nurtantio bersama dengan Kaesang Pangarep. Gibran Rakabuming Raka memiliki posisi sebagai salah satu investor dari startup ini.

Kata Madhang ini diambil dari bahasa Jawa yang berarti Makan. Startup ini menyediakan platform pemesanan makanan secara daring yang menghubungkan ibu rumah tangga atau usaha kuliner berbasis rumahan dengan pelanggan.

Kerjaholic

Selanjutnya ada startup Kerjaholic yang bergerak sebagaimarketplacebagi pekerja lepas dan paruh waktu. Startup ini didirikan oleh Gibran bersama rekannya bernama Leonard Hidayat, Josh Chng, Michael, dan Daniel Hidayat pada tahun 2018.

 

 

Startup ini menghadirkan aplikasi untuk mencari kerja bagi freelancer dan para pekerja paruh waktu. Jadi, masyarakat yang sedang mencari pekerjaan bisa terhubung langsung dengan para penyedia pekerjaan. 

Di startup ini, Gibran sendiri berperan sebagai advisor. Kerjaholic tercatat telah memiliki puluhan ribu pelamar. Hingga saat ini, startup tersebut terpantau masih tetap tersedia bagi pengguna di Indonesia.

Goola (Tidak aktif)

Selain Mangkokku, Gibran juga merintis perusahaan di bidang F&B yang menyediakan minuman segar dan sehat. Goola mendapat suntikan dana dari Alpha JWC Ventures sebesar USD5 juta atau Rp79 miliar.

Goola didirikan oleh Gibran bersama dengan adiknya Kaesang Pangarep serta 2 orang lainnya, Kevin Susanto dan Benz Budiman. Startup ini didirikan pada tahun 2018 lalu dan sudah memiliki beberapa toko di Jakarta.

Sayangnya, keberadaan startup ini dipertanyakan karena unggahan terakhir akun Instagram (@goola_id) terpantau pada 7 November 2020 lalu. Tidak sedikit yang menduga kalau startup ini sudah tidak berjalan alias gulung tikar.