Tanda-tanda Google Mau Bikin Prosesor Sendiri

pada 7 tahun lalu - by

Ada nama baru di jajaran staf Google. Dia adalah Manu Gulati, mantan arsitek mikrocip dari Apple. Gulati akan bekerja sebagai Lead SoC (System on Chip) Architect, posisi baru yang belum pernah ada di Google sebelumnya.

Perekrutan Gulati mengisyaratkan adanya rencana besar yang tengah dipersiapkan perusahaan, salah satunya membangun cip sendiri untuk ponselflagshipPixel dan produk Google lainnya.

Saat ini Google mempercayakan pihak ketiga dalam mempersiapkan cip untuk semua produknya. Ponsel Pixel misalnya, masih mengandalkan cip dari Qualcomm, kemudian Nest memanfaatkan cip buatan Texas Instrument.

Fokus mengembangkan cip untuk Pixel semakin terlihat setelah Google membuka sejumlah lowongan pekerjaan yang berhubungan dengan SoC, seperti Hardware Engineer, Mobile SoC Architect, Mobie SoC CPU Architect, dan Mobile SoC Memory Architect.

Keinginan Google merancang sendiri cip untuk perangkat mobile sudah terlihat sejak lama. Tahun 2015 lalu, perusahaan dilaporkan tengah melakukan pembicaraan dengan manufaktur cip tentang pembuatan cip yang dirancang Google. Dan akhir tahun lalu, Google berencana perangkat Pixel didukung oleh mikrocip miliknya.

Sementara di sisi lain, kehilangan Gulati menjadi pukulan telak bagi Apple. Produsen iPhone itu telah mengajukan total 15 paten terkait cip berkat andil Gulati sebagai salah satu penciptanya.

Google menolak memberikan tanggapannya mengenai hal ini, sama halnya dengan Apple yang juga tidak langsung memberikan respons untuk berkomentar.