Tatjana Saphira Memarahi Netizen. Apa Penyebabnya?

pada 6 tahun lalu - by

Di jagat maya, orang bisa mengunggah apa saja dan berkomentar apa saja. Hal itu disadari betul olehTatjana Saphira(20). Pemeran Hulya dalam filmAyat-ayat Cinta 2itu pernah merasakaan sakitnya dikomentarinetizen. Saat berkunjung ke kantortabloidbintang.comdi Jakarta, belum lama ini,Tatjana Saphiraberbagi cerita.

“Saya pernah memarahinetizenyang berkomentar kasar atas foto yang saya unggah di medsos. Saya mengunggah foto bersama sahabat. Lalu orang ini mengomentari sahabat saya dengan kata-kata kasar. Saya pikir itu kalimat yang mencederai sopan santun. Kadang, emosi suka terpancing. Saya kesal,” akuTatjana Saphirasesaat sebelum menjalani pemotretan.

Tatjana Saphirabukan tipikal yangogahdikritik. Menurutnya, kritik penting dan akan diindahkan selama penyampaiannya santun. Kritik berupa caci maki dan kata-kata kotor, menurutnya, bukannya membangun malah melemahkan semangat orang lain. Saat sahabatnya menjadi sasaran komentar kotor, Tatjana membalas komentar seraya mengingatkannetizenuntuk menghargai perasaan orang lain serta menjaga etika di jagat maya.

“Tapi ada juga beberapa komentar ekstrem yang sengaja diunggah hanya untuk memancing perhatian kita. Jadi, mesti selektif merespons komentar. Belakangan saya menilai waktu saya habis hanya untuk mengurusi Instagram, menyukai unggahan orang, dan sebagainya. Lama-lama saya capek, butuh istirahat, atau mengalihkan perhatian ke kegiatan positif lainnya,” pungkasTatjana Saphira.