Teknologi YECVT Diklaim Bikin Yamaha Nmax Makin Irit Bensin

pada 5 bulan lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id- Nmax generasi terbaru mendapatkan teknologi baru yakni Yamaha Electric CVT (YECVT) di varian turbo yang bisa meningkatkan akselerasi atau performa. Dengan adanya YECVT, bisakah membuat Nmax Turbo menjadi lebih irit bensin?

PTYamahaIndonesia Motor Manufacturing (YIMM) beberapa pekan belakangan ini kerap memberikan penjelasan emngenai YECVT yang memiliki keunggulan dari segi performa. Namun sejauh ini belum diketahui efek penggunaanYECVTdari segi kehematan bahan bakar.

"Nanti ada waktu kita uji coba. Kondisi di sirkuit itu belum mewakili, motornya baru dua hari kita pakai," ujar Antonius Widiantoro selaku Asst. General Manager Marketing - Public Relation PT YIMM, di Sentul, Bogor (27/6).

"Nanti kita akan lihat lah, artinya ada yang di MID-nya itu kan juga akumulasi. Dan itu kalau mulai dari 0 dari pabrikan, kan dia butuh waktu untuk mengkalkulasi. Tapi seiring dengan jalannya dipakai, dengan kondisi medan yang berbeda, kita bisa ukur," jelasnya.

Anton mengaku pihaknya belum melakukan pengujian dalam kondisi real di jalan raya. Menurutnya, hasil konsumsi BBM bisa berbeda, mengingatNmax Turbopakai mesin yang berbeda dari generasi sebelumnya.

"Kita jua sama-sama nih baru mau coba. Karena gini, secara mesin kan berbeda. Nmax yang generasi ke-2 sama ke-3 kan sudah berbeda. Tentunya enggak bisa dijadikan patokan, bagaimana selain kita coba," ungkapnya.

 

 

Sementara itu, Ferry Nurul Fajar selaku Service Education PT YIMM mengatakan Nmax Turbo memiliki poetnsi lebih irit bahan bakar daripada model sebelumnya. Dirinya meyakini itu karena teknologi YECVT dirasa dapat mengurangi power loss sehingga tidak ada bensin terbakar sia-sia.

"Lebih irit lah, khususnya yang mode T-Town. Karena penggunaan Y-Shift, kalau penggunaannya benar pasti lebih irit. Dia kan juga menjaga power loss, kan CVT itu banyak power loss," jelasnya.

 

 

Seperti diketahui YECVT membuat Nmax Turbo memiliki dua mode berkendara yakni T-Mode dan S-Mode. T-Mode adalah mode berkendara yang lebih santai untuk digunakan di dalam kota.

Terlebih lagi terdapat Y-Shift yang dapat digunakan untuk mengatur bukaan pulley primer. Sehingga putaran mesin bisa diatur sesuai kebutuhan pengendaranya.