Telkom Digitalisasi Sistem Billing PDAM Anggota PERPAMSI
Direktur Enterprise & Business Service Telkom Edi Witjara (tengah) saat meninjau Pusat Pengolahan Air Minum Tirta Raharja, Cipageran, Cimahi, Jawa Barat, Jumat (18/9).
Uzone.id-Telkom membantu PDAM Kabupaten Bandung dalam mengimplementasikan digitalisasi di dalam sistem billingnya. Tak hanya membuat sistem billing terintegrasi tapi juga bisnis data yang terpusat dan dashboard pengelolaan air.
Uji coba implementasi ini telah dilakukan kemarin, Jumat, 18 September, di Pusat Pengolahan Air Minum Tirta Raharja, Cipageran, Cimahi, Jawa Barat. Uji coba ini mencakup implementasi solusi Smart Metering dari Telkom yang disaksikan oleh Direktur Enterprise & Business Service Telkom, Edi Witjara, Direksi Perumda Tirta Raharja, dan jajaran pengurus DPP Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (PERPAMSI).
Direktur Enterprise & Business Service Telkom Edi Witjara (paling kanan) bersama Direksi Perumda Tirta Raharja serta jajaran pengurus DPP Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (PERPAMSI) menyaksikan uji coba implementasi solusi Smart Metering dari Telkom melalui dashboard yang menampilkan berbagai data terkait pengolahan air secara terintegrasi di Pusat Pengolahan Air Minum Tirta Raharja, Cipageran, Cimahi, Jawa Barat, Jumat (18/9).
Dirut Perumda Tirta Raharja sekaligus sebagai Ketua Umum PERPAMSI, Rudie Kusmayadi menyambut baik adanya solusi Smart Metering pengelolaan air tersebut. “Perumda Tirta Raharja tengah menguji-coba sebuah teknologi Smart Metering berbasis IoT dari Telkom dan hasilnya sangat memuaskan," ungkap Rudi, sambil menunjuk screen dashboard yang menampilkan berbagai data terkait pengolahan air secara terintegrasi.
Baca juga:Daftar Pemenang DILo Hackathon Festival
Rudie menambahkan bahwa pihaknya berharap implementasi dapat segera dilakukan bukan hanya di Tirta Raharja tetapi di seluruh PDAM anggota PERPAMSI seluruh Indonesia.
Direktur Enterprise & Business Service Telkom, Edi Witjara, usai menyaksikan uji coba tersebut, menyatakan komitmen untuk mendukung langkah inovasi PERPAMSI dalam hal implementasi Smart Metering berbasis IoT.
“Telkom berkomitmen mendukung inovasi PERPAMSI dalam hal pemanfaatan Smart Metering ini. Kami telah menyiapkan berbagai solusi Smart Metering yang menggunakan network LoRaWan dan platform Antares, untuk menjamin keandalan solusi tersebut. Bahkan solusi ini juga bisa untuk layanan utilitas lainnya, seperti gas dan listrik," jelas Edi yang turut didampingi Executive Vice President Divisi Business Service Telkom, Syaifudin dan Executive Vice President Telkom Regional III Area Jawa Barat, Mohamad Khamdan.
Telkom saat ini juga telah berhasil uji coba implementasi penuh (proof of concept) di PDAM Tirta Benteng Tangerang.
PERPAMSI merupakan organisasi bagi perusahaan air minum (PDAM) di seluruh Indonesia yang juga menghimpun badan/lembaga yang berhubungan erat dengan bidang air minum, seperti Kementerian PUPR, Bappenas, dan lembaga donor untuk PDAM. Jumlah PDAM yang tergabung di PERPAMSI saat ini sebanyak 427 PDAM yang tersebar di hampir tiap kota/kabupaten di Indonesia. Sesuai misinya, PERPAMSI mempunyai fungsi strategis dalam mendorong PDAM untuk mewujudkan kinerja yang unggul.
Diharapkan melalui kerjasama Telkom dengan PERPAMSI yang meliputi layanan berbasis connectivity, managed solution seperti smart meter, leak detector system, pencegahan fraud, monitoring kualitas air maupun command center mampu mendorong PDAM menjadi lebih efisien, maju, dan modern.