Telkom Dinobatkan sebagai BUMN Industry Leader 2020

pada 5 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

 

Uzone.id- BUMN Telekomunikasi, Telkom mendapatkan predikat Industry Leader tahun ini bersama dengan 8 BUMN lainnya. Predikat ini diberikan melalui BUMN Performance Excellence Award (BPEA) 2020.

BPEA 2020 memberikan penghargaan kepada BUMN yang dinilai memiliki Excellence Level Band, minimal Good Performance (GP). Penghargaan ini diberikan atas pencapaian tingkat kinerja Excellence perusahaan yang mengacu pada Kriteria Penilaian Kinerja Unggul (KPKU) yang telah ditetapkan oleh Kementerian BUMN sejak 2012.

Dalam daftar BUMN Industry Leader, Telkom dikategorikan sebagai perusahaan yang telah mempunyai proses bisnis yang selaras dengan tujuan dan kebutuhannya. Penerapannya pun dianggap sudah baik pada umumnya, dengan kinerja yang terus menerus membaik, analisis berbasis data fakta, dan banyak best practice yang dapat dijadikan benchmark di lingkungan industrinya.

Baca juga: Penampakan Find X2 dan Oppo Watch

Bersama Telkom, ada 8 BUMN lain yang mendapat kategori Industry Leader. Mereka adalah PT Jasa Marga, PT Wijaya Karya, Bank Rakyat Indonesia, Angkasa Pura II, Bank Mandiri, PT Pembangunan Perumahan, Semen Indonesia dan Bank Negara Indonesia.

Selain itu, penghargaan BPEA juga memberikan apresiasi pada kategori lainnya, yakni Emerging Industry Leader yang diraih 22 BUMN dan predikat Good Performance yang diberikan ke 39 BUMN. Sebanyak 100 BUMN terpilih ini telah diuji oleh tim asesor KPKU dan yang telah mengikuti seluruh proses pendampingan asesmen oleh Forum Excellence BUMN.

Konsep KPKU diadopsi dan diadaptasi dari MBCPE (Malcom Baldridge Criteria Performance Excellence), yaitu kerangka kerja bisnis ekselen yang mengacu pada Global Best Practice dari perusahaan terbaik kelas dunia.

Baca juga: Hoax Seputar Virus Corona

Konsep ini dikembangkan dan dikelola oleh National Institute of Standards & Technology (NIST), pemerintah Amerika, dan telah diadopsi oleh berbagai negara di dunia.

KPKU membagi Excellence Level dalam 8 band. Mulai dari yang terendah katgeori Early Development, Early Result, Early Improvement, Good Performance, Emerging Industry Leader, Industry Leader, Benchmark leader, dan World Class adalah yang tertinggi.