Telkomsel Optimalkan 4G di 5 Lokasi Wisata, dari Danau Toba Sampai Bajo

pada 5 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

 

Uzone.id- Sudah bukan rahasia lagi jika potensi wisata Indonesia sangat besar sehingga jumlah wisatawan mancanegaranya pun terus bertambah setiap tahun. Ini menjadi dasar bagi Telkomsel untuk memberikan optimalisasi dan meningkatkan infrastruktur jaringan telekomunikasi di tempat wisata tersebut.

Dikatakan pihak Telkomsel, mereka secara total telah menambah infrastruktur menjadi lebih dari 330 BTS 4G. Di kawasan Danau Toba, layanan 4G Telkomsel telah menjangkau hampir 100 persen wilayah populasi yang di antaranya meliputi Kawasan Wisata Danau Toba dan sekitarnya.

Di wilayah Likupang, layanan 4G Telkomsel telah menjangkau sekitar 75 persen wilayah populasi di keseluruhan area wisata yang saat ini Kawasan tersebut masih dalam pengembangan infrastruktur.

“Layanan 4G Telkomsel juga telah menjangkau hampir 100 persen populasi di kawasan Borobudur dan sekitar 90 persen wilayah populasi Labuan Bajo di dalamnya termasuk area wisata Labuan Bajo, Pulau Komodo, Pulau Rinca dan Pulau Padar, Bandar Udara Komodo, dan Pelabuhan ASDP Komodo,” ujar Direktur Network Telkomsel, FM Venusiana R, dalam keterangannya, Jumat, 24 Januari 2020.

Selain itu di Mandalika, layanan 4G Telkomsel telah menjangkau hampir 100% wilayah populasi yang di antaranya meliputi Pantai Kuta, Panjai Serenting, Pantai Tanjung Aan, Pantai Keliuw, Pantai Gerupuk hingga Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Khusus di wilayah KEK Mandalika Telkomsel menghadirkan layanan 4G LTE untuk mensukseskan ajang MotoGP 2021 yang akan diadakan di wilayah tersebut.

Lebih lanjut, Venus menjelaskan bahwa perilaku komunikasi wisatawan kini sudah bergeser dimana penggunaan layanan data untuk mengunggah foto dan video di tempat wisata lebih dominan dibandingkan penggunaan layanan SMS maupun suara. Selain itu, wisatawan juga seringkali memanfaatkan layanan data untuk melakukan perjalanan mulai dari mencari informasi tempat wisata, pesan tiket, dan melakukan pembayaran secara online. Selain itu, layanan data juga digunakan untuk mengakses informasi seputar kuliner, pertunjukan seni dan budaya yang ada di sekitar lokasi wisata.

Hingga saat ini Telkomsel telah membanguan lebih dari 209.000 BTS dimana 160.000 di antaranya merupakan BTS 4G dan 3G. Selain itu, sekitar 14.990 BTS diantaranya adalah BTS di daerah 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal) hingga perbatasan negara Indonesia.

Dalam mendukung pemerintah mempromosikan pariwisata lokal, Telkomsel juga menyediakan channel khusus di aplikasi MAXstream. MAXstream turut mempromosikan tempat-tempat wisata tersebut dengan menayangkan content video yang sudah bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Daerah di mana di dalamnya menayangkan potensi wisata daerah Indonesia seperti contohnya di channel Explore Sumatera dan channel Dewita (Destinasi Wisata Digital) di Yogyakarta dan NTT.