Telkomsel Prediksi Layanan Data Natal & Tahun Baru 2022 Capai 45 Petabyte

pada 2 tahun lalu - by

Uzone.id- Bila dibandingkan dengan libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 pemerintah Indonesia membatalkan PPKM Level 3. Artinya aktivitas warga dilonggarkan, namun dibatasi.

Hal ini yang tengah disiapkan oleh Telkomsel untuk mengantisipasi lonjakan trafik telekomunikasi selama NARU 2021 ini. Sejumlah prediksi dan persiapan telah mereka siapkan untuk menghadapinya.

Seperti diprediksi oleh Direktur Networking Telkomsel Nugroho bahwa akan ada kenaikan 15,08 persen trafik data saat Natal dan Tahun baru saat ini dibandingkan hari biasa.

Namun memang untuk layanan legacy seperti Voice dan SMS diprediksi akan terus ditinggalkan dan turun secara presentase bahkan angkanya bisa 4,50 persen dibandingkan hari normal.

Foto: Uzone.id

 

“Tahun lalu, saat Naru jumlah payload layanan data bisa mencapai 36,6 petabyte. Tahun ini, kami prediksi bisa mencapai 45 petabyter untuk penggunaan data,” ujarnya, saat melakukan uji jaringan jelang NARU, di kawasan Kelapa Gading, Jakarta.

Baca juga:Dunia Games Tantang 51 Ribu Gamer Rebut Rp1,1 Miliar

Sementara itu disampaikan oleh Vice President Network Infrastructure and Security Operation Telkomsel Rahmat Novilianto bahwa pihaknya telah membangun 763 bts baru, atau upgrade 253 BTS, sementara combat menjadi 53 yang dipersiapkan.

“Kita telah juga melakukan untuk melakukan drive test jaringan sepanjang 13 ribu Kilometer, fokus di NARU ada di 740 POI yang diharus coverage, bener-benar terukur dan jelas, kita tidak sembarangan,” ucapnya.

Dia juga meyakini bahwa Telkomsel telah menjamin kualitas broadband telah prima dengan 247 ribu BTS yang 132 ribu diantaranya telah mendukung jaringan 4G.

Bila dari sisi jaringan telah dipersiapkan, dari sisi penjualan juga akan digenjot.

Baca juga: 6 Fakta Indihome

“Dari siap melayani 177 juta pelanggan dimana kami prediksi akan ada lonjakan trafik, sisi pelayanan dan sisi penjualan. juga akan meningkatkan di akhir tahun, mempersiapkan. kebutuhan pelanggan, “ ujar Direktur Sales Telkomsel Adiwinahyu Sigit.

Sigit meyakini bahwa layanan hiburan akam banyak diakses oleh pelanggan Telkomsel salah satu streaming melalui Viu, HBO Go, Maxstream dan banyak lainnya.

“Kami juga telah menyiapkan paket khusus gamers dimana dengan paket ini atas bantuan teknologi jaringan yang kami punya akan membuat latency menjadi tinggi, sehingga akan ngelag lagi saat bermain game,” tandasnya.