Ternyata, Latihan Sit-up Berdampak Buruk Bagi Tubuh

pada 7 tahun lalu - by

Banyak orang meyakini latihansit-upbermanfaat untuk melatih otot perut. Namun, menurut beberapa penelitian terbaru mengatakan bahwa gerakansit-upjustru lebih banyak memberi dampak buruk dibandingkan manfaat positif.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Waterloo, Kanada, menemukan fakta bahwa gerakansit-upberisiko cukup besar sebabkan nyeri punggung. Penelitian lain yang dilakukan oleh sekelompok peneliti di Finlandia mengungkapkan bahwa gejala nyeri punggung cenderung bersifat genetis, dan gerakansit-upberpotensi membuatnya lebih berisiko terkena cedera lanjut.

Temuan penelitian lainnya yang menarik adalah berasal dari Divisi Kesehatan Tentara Nasional Amerika Serikat, di mana ditemukan sebanyak 56 persen cideraselama dua tahun latihan fisik berasal dari keluhan nyeri punggung akibat gerakansit-up.

Namun, bukan berarti gerakansit-uptidak ada manfaatnya. Gerakan ini bermanfaat untuk menguatkan pembentukan otot perut. Sebaiknya, gerakan ini dilakukan dalam porsi secukupnya setelah pembentukan otot mulai terlihat nyata.

 

 

Baca juga artikel
Tips Latihan Pull-Up untuk Bentuk Tubuh Torso Pria

5 Fakta yang Salah tentang Latihan Kebugaran

Pentingnya Latihan Angkat Beban Bagi Kesehatan Pria

 

 

 

 

 

 

TEKS: HAPPY FERDIAN

FOTO: DOK. ESQUIRE