Test Drive All New Toyota Yaris Cross: Tenaga Linier, Kesan Sporty!
Uzone.id - All New Toyota Yaris Cross menjadi salah satu pilihan SUV di pasar Tanah Air. Dengan harga mulai dari Rp300 jutaan, adik dari Corolla Cross ini memang punya tampilan yang sporty banget.
Kira-kira bagaimana dengan rasa berkendara dari mobil baru Toyota tersebut?
Tim Uzone mendapatkan kesempatan untuk mencicipi All New Toyota Yaris Cross dalam agenda Media Drive di BSD, Jumat (16/6) kemarin. Secara tampilan mobil ini memang cukup sporty untuk sebuah SUV.
Desain gagah dan kompak
Kalau bicara desain, All New Toyota Yaris Cross ini memang tak bisa dipungkiri kegagahannya. Dimensinya yang tidak terlalu besar juga membuat SUV ini tampil cukup kompak yang cocok untuk anak muda.
Wajahnya yang memiliki banyak lekukan tegas, memberikan nuansa sporty. Sementara di sampingnya paduan pelek 17 inci dengan fender hitam memberikan kesan SUV yang sangat kental.
Beralih ke bagian belakang, tampilan yang tegas kembali diperlihatkan dengan sedikitnya tarikan desain lancip. Ditambah adanya roofspoiler dan diffuser di bumper memperkuat kesan sporty dari mobil ini.
Sayangnya di bagian interior, All New Toyota Yaris Cross terasa cukup sempit terutama di baris depan. Banyaknya bagian yang besar seperti door trim dan konsol tengah membuat ruang gerak tidak terlalu leluasa.
Meskipun secara tampilannya, desain interior ini sangat sporty dan berfokus kepada pengemudi.
Performa dan handling cocok untuk dalam kota
All New Toyota Yaris Cross dibekali mesin 2NR-VE yang berspesifikasi 1.500 cc, 4-silinder, DOHC, Dual VVT-i yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 104 hp dan torsi 138 Nm yang disalurkan ke roda belakang menggunakan transmisi otomatis (CVT) penggerak depan.
Pada model yang kami coba adalah versi S-HV yang artinya terdapat baterai dan penggerak listrik.
Seperti mobil hybrid pada umumnya, All New Toyota Yaris Cross tidak memiliki suara saat dinyalakan. Bahkan saat digunakan jalan hingga putaran tertentu, mobil masih terasa sangat senyap. Mesin menyala ketika pengendara menginjak pedal yang lebih dalam untuk performa lebih.
Sementara itu mesinnya memberikan tenaga yang linier baik dalam mode normal maupun Power. Namun pada mode Power, respon di putaran bawah akan sangat terasa meskipun tidak terlalu menjambak.
Artinya mode normal dirasa lebih cocok untuk penggunaan di dalam kota, sementara mode Power bisa diandalkan ketika pengendara membutuhkan performa lebih di jalanan yang lengang.
Beralih ke suspensi, All New Toyota Yaris Cross ternyata tidak terlalu empuk untuk sebuah SUV. Ketika melewati speedbump di sekitara BSD, Tangerang, terasa benturan yang cukup mengganggu hingga ke dalam kabin.
Namun ketika melewati jalanan yang sedikit keriting, seperti hanya tambalan aspal, lubang kecil, dan jalan bergelombang, suspensi masih dirasa nyaman untuk melibasnya.
Menariknya untuk sebuah SUV, suspensi All New Toyota Yaris Cross masih memumpuni untuk melakukan manuver berbelok yang cukup ekstrim. Suspensi terasa cukup stabil meskipun masih terasa sedikit body-roll di dalam kabin.
Komponen setir pun terasa memiliki kekuatan yang cukup, alias tidak terlalu enteng. Feedback yang diberikan juga tepat sesuai dengan keinginan pengendaranya.
Beralih ke pengereman, ajaibnya SUV All New Toyota Yaris Cross memiliki rem yang sangat responsif. Cukup tekan sedikit pedal rem saja, langsung terasa deselerasi yang diinginkan dan tidak lebay.
Fitur yang lengkap
Buat urusan fitur, All New Toyota Yaris Cross memiliki fitur yang bisa dibilang lengkap. Mulai dari fitur keamanannya dulu ya, terdapat Toyota Safety Sense yang berisi Pre-Collision Waring & Braking, Lane Departure Warning, Adaptive Cruise Control, Front Departure Alert, Lane Keeping Control, dan Automatic High Beam.
Tak hanya berhenti disitu, terdapat fitur keamanan lainnya seperti Vehicle Stability Control, Hill Start Assist, Rear Cross-Traffic Alert, Blind Spot Monitoring, Panoramic View Monitor, dan Pedal Misoperation Control.
Banyak banget ya? Itu baru fitur keamanan, kalau fitur yang memanjakan pengemudi dan penumpang ada juga nggak? Ada dong, fitur di eksterior saja sudah dilengkapi Electric Power Back Door dengan Sensor kaki, Auto folding & Electric Retractable Outer Mirror yang dilengkapi Welcoming Light.
Buat di interiornya, All New Toyota Yaris Cross telah dilengkapi Panoramic Glass Roof, walaupun tidak bisa dibuka. Kemudian terdapat layar 7 inci TFT untuk MID-nya dan 10,1 inci infotainment yang bisa terhubung Android Auto serta Apple CarPlay.
Bahkan All New Toyota Yaris Cross telah dilengkapi dashcam bawaan pabrik, jok kulit semi bucket yang dilengkapi setelan elektrik, wireless charging, dan Ambience Light.
Semua fitur tersebut terasa berfungsi cukup optimal untuk sebuah mobil mulai Rp300 jutaan. Bukan hanya sekedar gimik, yang asal berfungsi saja, namun juga tidak mengganggu pengemudinya.
Namun di bagian pembuka panoramic roof, memiliki sistem motor yang cukup berisik. Sehingga cukup mengganggu jika terdapat penumpang yang sedang beristirahat.