Test Ride Yamaha Nmax Turbo: Motor Matic Bisa Engine Brake!
Uzone.id- Yamaha menggelar test ride Nmax Turbo di Sentul Karting, Bogor, Jawa Barat, untuk dapat mengetahui dan merasakan fitur-fitur serta teknologi baru dari skutik maxi terbaru mereka. Ternyata fitur Y-Shift dari teknologi Yamaha Electric CVT (YECVT) bisa bekerja layaknya motor manual yang memiliki engine brake.
Dalam ajangtest rideini Yamaha menyediakan tiga varian dariNmaxterbaru yakni mulai dari Neo S, Turbo TechMAX, dan Turbo TechMAX Ultimate. Dengan hadirnya ketiga varian ini, tentunya bisa membedakan kelebihan dari masing-masing varian Nmax terbaru.
Mulai dariYamahaNmax Neo S, motor ini memang memiliki akselerasi yang lebih cepat daripada generasi sebelumnya. Hal ini berkat mesin 155 VVA generasi ketiga yang memiliki torsi sedikit lebih besar daripada versi terdahulu.
Karena di varian ini belum memiliki YECVT, maka secara performa tidak terlalu banyak berbeda dari Nmax lama. Sehingga tidak banyak yang bisa dibahas dari Yamaha Nmax varian Neo S ini.
Setelah tiga lap menggunakan Yamaha Nmax Neo S, gantian varian Turbo TechMAX untuk dijajal. Usai menggunakan Nmax Neo S, pindah ke Turbo TechMAX benar-benar merasakan tenaga yang berbeda.
Terlebih saat menggunakan Yamaha Nmax Turbo TechMAX fokus pada mode berkendara S-Mode. Saat memutar tuas gas, langsung terasa tenaga yang lebih responsif dari varian Neo S.
Tenaga yang responsif di Yamaha Nmax Turbo TechMAX membuat akselerasi lebih cepat untuk mencapai kecepatan tinggi.
Ditambah dengan fitur Y-Shift, Yamaha Nmax Turbo TechMAX seperti memiliki tuas transmisi layaknya sebuah motor manual. Terlebih Y-Shift memiliki tiga tingkatan yang dapat menambah putaran mesin.
Seperti misalnya putaran mesin berada di 4.000 rpm, saat memencet tombol Y-Shift maka putarannya semakin tinggi menjadi 5.000 rpm. Dengan putaran mesin yang lebih tinggi, tentunya Yamaha Nmax Turbo TechMAX ini lebih siap untuk mengeluarkan tenaga yang lebih besar.
Menariknya bukan hanya saat akselerasi, saat deselerasi Yamaha Nmax Turbo TechMAX juga dapat menggunakan fitur Y-Shift. Hanya saja saat deselerasi, Y-Shift akan memberikan efek seperti engine brake seperti pada motor bertransmisi manual.
Engine brake yang diberikan pun memiliki 3 tingkatan berbeda yang dapat dimanfaatkan pengendara sesuai dengan kebutuhan.
Terakhir di Yamaha Nmax TechMAX Ultimate, perbedaan di varian ini hanyalah hadirnya komponen performance damper. Komponen ini dipasang agar Nmax bisa lebih stabil saat digunakan menikung, sehingga lebih aman jika digunakan di dalam sirkuit atau jalan raya yang berkelok.
Sebenarnya Yamaha Nmax terbaru baik varian Neo S maupun Turbo TechMAX sudah memiliki rasa stabil saat bermanuver belok. Hanya saja dengan hadirnya performance damper, membuat motor serasa lebih anteng saat digunakan cornering.
Motor juga terasa lebih rigid, lebih padat saat digunakan dalam kecepatan tinggi. Tentunya performance damper memberikan pengendara rasa percaya diri lebih saat bermanuver menggunakan Yamaha Nmax dalam performa tertingginya.