Tip Memilih Pepaya California

pada 8 tahun lalu - by
Advertising
Advertising


Bila berbelanja di supermarket atau pasar modern, Anda pasti pernah melihat buah pepaya California. Salah satu pemasok pepaya California adalahSunpride.

Banyak orang mengira pepaya California adalah buah impor. Itu salah besar. Pepaya California dari Sunpride adalah pepaya yang ditanam di perkebunan PT Nusantara Tropical Farm, Lampung. Pepaya california ini merupakan pepaya Calina hasil pemuliaan tanaman yang dilakukan Pusat Kajian Buah Tropika (PKTB) IPB.

Dalam kunjungan terbatas ke perkebunan Sunpride akhir Agustus lalu, Marketing and Communication Manager PT Sewu Segar Nusantara -perusahaan yang memasarkan produk PT Nusantara Tropical Farm, Luthfiany Azwawie mengatakan konsumen menyukai pepaya yang ukurannya tidak terlalu besar, rasanya manis, dan tidak terlalu lunak.

"Pepaya Calina memiliki daging yang tebal, rasanya manis serta tahan lama," ujar Luthfiany. Ukuran buahnya tidak terlalu besar dan bobotnya sekitar 1-1,5 kilogram, sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Pepaya merupakan buah non klimaterik. Artinya buah yang proses pematangannya terjadi saat masih tergantung di pohon. Jadi saat akan dipetik untuk dikonsumsi harus dalam keadaan matang.

Buah pepaya memiliki nutrisi yang baik untuk kesehatan dan kecantikan. Buah ini mengandung vitamin C, folat, magnesium, beta karoten, enzim antiinflamasi dan zat lainnya. Buah pepaya selain sangat baik untuk sitem pencernaan juga sebagai antioksidan. Nutrisi buah pepaya akan terserap maksimal jika dikonsumsi dalam kondisi matang.

Berikut ini tip memilih buah pepaya California:

- Pilih buah pepaya yang sedikit empukketika ditekan karena ini tandanya sudah matang. Namun jangan memilih pepaya yang terlalu lembut atau 'benyet' ketika ditekan karena biasanya tekstur dagingnya kurang bagus.

- Pilih pepaya yang warna kulitnya hampir jingga atau merahsebagai penanda kematangannya.

- Pilih kulit pepaya yang muluskarena pepaya yang segar permukaannya tidak memar.

- Untuk mempercepat proses pematangan pepaya,dekatkan buah pepaya dengan buah pisang.Karena pisang mengeluarkan ethylene yang membuat pepaya cepat lunak dan matang.

DINA ANDRIANI

Berita lainnya:
Cinta pada Pandangan Pertama, Mitos atau Nyata?
Kim Kardashian Jalani Diet Khusus, Berat Badan Susut 30 Kg
Guru Besar Arsitektur: Ada 5 Jenis Arsitek, Anda Masuk yang Mana?

Berita Terkait: