Tips Selamatkan Gigi yang Copot

pada 9 tahun lalu - by
Advertising
Advertising
Apa yang seharusnya kita lakukan ketika gigi kita atau gigi anak kita copot?

Terdapat lima juta kasus gigi patah atau copot yang dialami anak-anak dan orang dewasa setiap tahunnya. American Dental Association dan American Association of Endodontist (AAE) memiliki tips jitu untuk menyelamatkan gigi yang terlepas, dilansir dariSafe Bee.

1. Sesaat setelah gigi copot, ambil gigi yang jatuh. Namun ingat, pegang bagian mahkota gigi, jangan pegang akarnya karena gigi bisa langsung rusak.

2. Jika gigi yang jatuh itu kotor, bersihkan dengan air. Jangan gunakan sabun atau pasta gigi dan menggosoknya.

3. Segera tempatkan kembali gigi ke dalam rongga gusi tempat gigi itu tumbuh sebelumnya. Semakin cepat gigi dikembalikan ke gusi, semakin besar kemungkinan gigi tersebut akan bertahan hidup. Tahan gigi dengan jari atau dengan bibir.

4. Jika Anda masih belum bisa memasukkan gigi ke gusi, biarkan gigi dalam keadaan lembab. Jangan dikeringkan, apalagi dilap dengan tisu.

5. Jika anak Anda yang kehilangan gigi, tentu mereka sering kali tidak sabar menahan gigi yang ditempelkan kembali ke gusi dengan tangan atau bibir mereka. Anda juga terlalu takut anak Anda justru bukan menahan, malah menelan giginya. Caranya, masukkan gigi yang copot ke dalam susu. AAE tidak merekomendasikan gigi disimpan dalam air keran karena akar gigi tidak bisa mentolerir air tanah.

Bawa gigi dan anak Anda ke dokter gigi. Jika Anda bisa tiba di dokter gigi dalam 30 menit, kemungkinan gigi anak Anda masih bisa diselamatkan.

Sumber:Republika