Tokopedia Naikkan Biaya Jasa Aplikasi, Rp3 ribu Tiap SekaliCheckout
Uzone.id— Tak hanya Shopee yang menaikkan biaya layanan di aplikasinya, Tokopedia juga ikut melakukan kenaikan biaya jasa bagi para pengguna mereka, peraturan baru ini dimulai per hari Selasa, (02/05) kemarin.
Biasanya, pengguna dikenakan biaya layanan per transaksi sebesar Rp1.000, namun pada peraturan baru ini, biaya layanan aplikasi ‘disesuaikan’ menjadi Rp2.000 hingga Rp3.000, sesuai dengan besaran transaksi.
Dalam pengumuman yang dibagikan Tokopedia di laman resminya, kenaikan biaya layanan jasa aplikasi ini nantinya digunakan untuk pemeliharaan sistem dan peningkatan kualitas layanan melalui Situs/Aplikasi Tokopedia.
Berikut adalah ketentuan baru biaya jasa aplikasi Tokopedia terbaru per 2 Mei 2023:
- Bagi transaksi produk dengan jumlah transaksi Rp1 hingga Rp1 juta, akan dikenakan biaya jasa aplikasi sebesar Rp2 ribu
- Bagi transaksi produk di atas Rp1000.001, maka akan dikenakan biaya jasa aplikasi sebesar Rp3 ribu.
Biaya jasa aplikasi ini berlaku untuk semua produk fisik termasuk elektronik, pakaian, perlengkapan rumah tangga dan lainnya, kecuali produk keuangan dan produk digital.
Biaya jasa aplikasi ini juga tidak berlaku untuktopAds, zakat dan donasi.
Dengan ketentuan baru ini, setiap satu kali transaksi, akan ada 2 biaya tambahan, yaitu biaya layanan dan biaya aplikasi. Biaya layanan sendiri sudah diberlakukan beberapa waktu lalu, dimana per transaksi dikenakan biaya Rp1 ribu.
Dengan kebijakan baru ini, total biaya yang harus dikeluarkan pembeli diluar harga produk adalah Rp3 ribu untuk sekali transaksi.
Biaya layanan diberlakukan untuk metode pembayaran melalui KlikBCA, BCA Klikpay, OneKlik, Direct Debit BRI, BRImo, CIMB Clicks, Jenius Pay, JakOne, LinkAja, Direct Debit Mandiri, dan OCTO Cash by CIMB Niaga.
Sementara itu, berbeda dengan biaya layanan, biaya jasa aplikasi dikenakan untuk semua metode pembayaran di Tokopedia.
Terdapat beberapa ketentuan terkait biaya jasa layanan aplikasi ini, dimana produk barang/invoice yang dibeli lebih dari 1 dalam satu transaksi, maka biaya jasa aplikasi yang dikenakan tetap satu kali.
Biaya jasa aplikasi akan dikembalikan jika keseluruhan transaksi dibatalkan, namun apabila pembatalan dilakukan sebagian (dari keseluruhan transaksi) atau terdapat penyelesaian kendala di luar Pusat Resolusi, maka biaya jasa aplikasi tidak bisa dikembalikan.
Pembulatan e-gold/donasi/pembelian pulsa Rp1 dianggap sebagai bagian transaksi barang, sehingga jika ada pembatalan transaksi barang namun pembulatan e-gold/donasi/pulsa sukses dilakukan, maka biaya jasa aplikasi tidak bisa dikembalikan.