Tolak Pakai Mobil Mewah, Fakta Kendaraan Paus Fransiskus di Jakarta

pada 12 hari lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id - Paus Fransiskus sampai di Indonesia pada Selasa (3/9) kemarin yang langsung dijemput menggunakan Toyota Innova Zenix Hybrid. Pemimpin tertinggi Gerja Katolik sedunia itu menolak menggunakan mobil mewah, bagaimana faktanya?

1. Pilih pakai Innova Zenix Hybrid

Saat turun dari pesawat,Paus Fransiskusmemilih menggunakan mobil Toyota KijangInnova ZenixHybrid saat menuju Kedutaan Besar Vatikan, di Jakarta. Mobil tersebut memiliki warna putih dan terdapat bendera Indonesia dan Vatikan pada bagian depan.

Alasan Paus Fransiskus memilih mobil tersebut adalah ingin menggunakan kendaraan yang banyak dipakai oleh masyarakat Indonesia. Artinya pemimpin negara Vatikan itu juga ingin tampil sederhana dibandingkan menggunakan mobil mewah.

Bahkan Paus Fransiskus duduk di kursi bagian depan, di samping opir yang mengendarai Innova Zenix Hybrid tersebut. Hal ini tentunya berbeda dengan kalangan VIP yang memilih duduk di belakang.

 

 

2. Harga Innova Zenix Hybrid

Mobil Kijang Innova Zenix yang digunakan Paus Fransiskus tentunya tidak mencapai miliaran rupiah. Diketahui, Innova Zenix Hybrid yang digunakan oleh Paus Fransiskus merupakan tipe V yang dijual seharga Rp551,6 juta hingga 554,6 juta untuk Premium Color.

Dengan harga tersebut, Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid yang digunakan Paus Fransiskus mengandalkan mesin M20A-FXS yang dipadukan dengan motor listrik compact. Mesin tersebut menggunakan transmisi CVT yang mampu mengeluarkan tenaga total 186 PS.

3. Pakai Maung Pindad Berdesain Khusus

Selain Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid, Paus Fransiskus juga direncanakan memakai mobil Maung buatan Pindad. Paus Fransiskus akan menaiki popemobile buatan Pindad untuk mengelilingi Stadion Gelora Bung Karno untuk menyapa umat Katolik.

Untuk lebih tepatnya, Paus Fransiskus akan menggunakanPindad MaungMV3 Tangguh yang sudah didesain secara khusus.

Ubahan desainnya membuat popemobile itu memiliki bentuk semiterbuka dengan penutup khusus di bagian depan. Sementara di bagian belakangnya terdapat pintu dan tangga kecil yang bisa digunakan Paus Fransiskus untuk akses naik dan turun dari kendaraan.

Perihal spesifikasinya, Pindad Maung MV3 Tangguh punya dimensi panjang 4.977 mm, lebar 2.000 mm, dan tinggi 1.820 mm. Di bawah kap mesinnya terdapat mesin turbo diesel 2.200 cc yang mampu menghasilkan daya maksimum 199 hp dan torsi hingga 441 Nm.

 

 

4. Menggunakan pelat khusus

Baik Pindad Maung MV3 Tangguh dan Toyota Kijang Innova Zenix yang digunakan Paus Fransiskus, menggunakan pelat nomor khusus. Terpantau terdapat pelat nomor bertuliskan SCV 1 pada kedua mobil tersebut, kira-kira apa artinya?

Perihal pelat SCV 1, ternyata kode khusus yang memiliki arti tersendiri yang diambil dari bahasa latin. Berdasarkan sumber yang sama, pelat tersebut mengartikan Status Civitatis Vaticanae atau Negara Kota Vatikan. Sedangkan angka 1 di belakang huruf SCV merupakan tanda seorang pemimpin atau tokoh yang dihormati.