Tolak PHK & Penutupan Pabrik, Buruh Volkswagen Turun ke Jalan

pada 16 jam lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id-Seiring dengan rencana penutupan pabrik raksasa otomotif Jerman,Volkswagen, para pekerja menghadiri unjuk rasa guna memprotes penutupan pabrik tersebut.

Unjuk rasa tersebut dilakukan sebelumVolkswagenAG dan serikat pekerja IG Metall memulai pembicaraan mengenai perjanjian kerja baru untuk enam pabriknya di Hanover, Jerman.

 

 

Volkswagen telah memulai pembicaraan mengenai gaji yang kemungkinan akan menentukan seberapa agresif produsen mobil terbesar di Eropa itu mengejar PHK dan kemungkinan penutupan pabrik di Jerman.

IG Metall juga harus menegosiasikan kesepakatan ketenagakerjaan baru untuk 130.000 pekerja inti merek VW di Jerman, setelah grup tersebut mengakhiri perjanjian yang telah melindungi ketenagakerjaan di enam pabriknya di Jerman.

VW berpendapat bahwa biaya energi dan tenaga kerja yang tinggi di Jerman, merugikannya dibandingkan dengan rekan Eropa lain serta pesaing China yang mengarahkan pandangan mereka pada sebagian besar pasar kendaraan listrik di kawasan tersebut.

 

 

Kepala personalia VW mengatakan divisi tersebut harus memangkas biaya agar tetap kompetitif.

"Jerman tertinggal dari pesaing. Mereka inti kami Volkswagen sangat terpengaruh oleh hal ini. Persaingan internasional mengancam akan menyusul kami. Kita harus bekerjasama untuk merestrukturisasi perusahaan kita. Situasinya serius," kata Arne Meiswinkel, mengutip dariReuters.