Toyota Bersiap Luncurkan Avanza Hybrid, Saingi Xpander Hybrid

pada 3 bulan lalu - by

Uzone.id-Persainganlow MPVdi Tanah Air sepertinya bakal kembali memanas, setelah sejumlah pabrikan bersiap untuk meluncurkan ‘mobil sejuta umat’ tersebut namun dengan usunganteknologi hybrid.

Setelah sebelumnyaMitsubishi Xpander hybridresmi diluncurkan dan hanya tinggal menunggu waktu untuk masuk ke Indonesia, giliran Toyota memberi kode keras kalauAvanza hybridjuga bersiap diluncurkan.

 

 

Toyota memang menjadi salah satu brand yang memiliki banyak mobil hybrid di pasar Indonesia, dan dua modelnya sudah diproduksi lokal, yaitu Toyota yaris Cross hybrid dan Innova Zenix Hybrid.

Sementara model lainnya masih berstatus impor, yaitu Alphard Hybrid, Corolla Cross Hybrid, Camry Hybrid, Corolla Altis Hybrid, RAV4 PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle).

Hampir semua mobil-mobil hybrid Toyota tersebut masuk segmen menengah ke atas dan belum ada yang menyasar menengah ke bawah seperti halnya Toyota Avanza.

Disampaikan Wakil Presiden Direktur Toyota Astra Motor, Henry Tanoto, Toyota bersiap untuk meluncurkan satu lagi mobil hybrid terbarunya untuk menyasar segmentasi yang lebih luas.

"Untuk 2024 akan ada lagi model hybrid terbaru, modelnya apa mohon ditunggu. Kita akan banyak menghadirkan banyak mobil ramah lingkungan di tahun ini," ujar Henry Tanoto di Jakarta.

Saat disinggung terkait model hybrid yang dimaksud Henry, Marketing Direktur TAM Anton Jimmi Suwandy belum mau berkomentar. Menurutnya Toyota melihat bahwa pasar mobil hybrid tersebut menjanjikan, dan masih sangat luas.

"Kita sudah ada Yaris Cross dan ke depan kita melihat potensi-potensi mana lagi yang bisa diisi hybrid, jadi kita mesti pelajari di segmen mana, dan harga berapa karena hybrid berbeda dengan BEV yang dikasih sejumlah insentif dari pemerintah," tuturnya.

Peluang Avanza hybrid diluncurkan mulai terbuka lebar karena sudah menggunakan platform yang sama dengan Yaris Cross hybrid. Sehingga besar kemungkinan mobil hybrid terbaru Toyota adalah sebuah Avanza dan Veloz.

 

 

Henry menambahkan, selama 2023, penjualan mobil hybrid Toyota tembus 37.021 unit. Jumlah tersebut gabungan dari HEV dan PHEV.

Menurutnya, ada beberapa alasan mobil hybrid kian digemari, seperti performa mesin, efisiensi bahan bakar, tidak perlu dicas (untuk HEV), minim biaya perawatan, nilai jual kembali yang baik, dan garansi baterai hingga 8 tahun atau 160.000 Km.