Toyota Indonesia Recall Mobil Listrik bZ4X Lagi, Kini Masalah Kamera

pada 10 hari lalu - by

Uzone.id-Mobil listrikToyota bZ4Xharus ditarik lagi dari pasaran alias di recall. Kali ini yang bermasalah adalah sistem kameranya.

PT Toyota Astra Motor(TAM) kembali menggulirkan kampanye perbaikan massal pada pemilik mobil listrik bZ4X dan beberapa model Lexus produksi Desember 2022 hingga Agustus 2023.

 

 

Vice President Director TAM Henry Tanoto menjelaskan, inisiatif ini merupakan arahan dari prinsipal dalam menjamin kualitas dan menjaga mobilitas yang memberikan rasa tenang kepada para konsumennya.

"Workshop Toyota dan Lexus akan melakukan pemeriksaan Front View Camera dan Rear View Camera di kendaraan pelanggan dan selanjutnya melakukan penggantian kalau dibutuhkan dengan parts baru tanpa ada biaya apapun," kata Henry dalam keterangan resminya.

Apabila mobil ternyata membutuhkan penggantian komponen maka pemilik kendaraan tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun alias gratis.

Diketahui, Fitur Front View Camera dan Rear View Camera digunakan untuk menangkap dan menampilkan gambar pada area depan dan belakang kendaraan sehingga membuat manuver parkir bisa dilakukan mudah dan aman.

Namun, Toyota menyebut sistem ini mengalami pengelasan laser yang kurang optimal pada wadah kamera pada level supplier, saat proses perakitan.

Akibatnya, berpotensi membuat wadah kamera terlepas apabila terkena tekanan eksternal dari waktu ke waktu yang menyebabkan air bocor ke kamera.

Jika ini dibiarkan, sirkuit di dalam kamera dapat mengalami korsleting yang menyebabkan ketidakmampuan menampilkan gambar area di depan dan belakang kendaraan dengan baik.

Estimasi waktu yang dibutuhkan dalam proses perbaikan Front View Camera dan Rear View Camera, untuk tahap pemeriksanan, dibutuhkan waktu sekitar 50 menit hingga 2 jam.

Jika diperlukan penggantian parts, maka akan memakan waktu sekitar 1,5 jam hingga 4 jam untuk menyelesaikannya, tergantung model kendaraan.

 

 

Sehingga pemilik disarankan untuk melakukan booking terlebih dahulu mengenai jadwal pemeriksaan agar tak menunggu lama.

Informasi recall ini bisa diakses melalui https://www.toyota.astra.co.id/ssc atau via Toyota Customer Care yang beroperasi 24 jam dengan menghubungi 1-500-315 dan Toyota Interactive Virtual Assistant (TARRA) melalui Whatsapp di nomor 0811-1500-315.

Khusus Lexus, silakan menghubungi Lexus Customer Care 24 jam 021-390-9999 atau 0821-8090-0900. Adapun produk yang terlibat adalah Toyota bZ4X, Lexus ES, Lexus LS, Lexus NS, dan Lexus RX.