Toyota Indonesia Siap Luncurkan Mobil Hybrid Murah Minggu Depan?

pada 5 hari lalu - by

Uzone.id-Meski insentif untuk mobil hybrid dari pemerintah tidak jadi diberikan,Toyotatidak akan berhenti untuk menggelontorkan jajaranmobil-mobil hybridterbarunya ke Indonesia.

Toyota seolah memang ingin merajai segmen elektrifikasi melalui mobil hybrid, gak heran kalau saat ini PT Toyota Astra Motor (TAM) menjadi produsen dengan lineup hybrid terbanyak.

 

 

Mobil yang menggabungkan tenaga mesin pembakaran, dan listrik tersebut berstatus impor, dan buatan dalam negeri.

Saat ini mobil hybrid yang dipasarkan Toyota ditawarkan dalam dua teknologi, yaitu HEV (Hybrid Electric Vehicle), dan PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle), menyasar segmen sedan, MPV (Multi Purpose Vehicle), dan SUV (Sport Utility Vehicle).

Untuk segmen SUV yang sudah diproduksi lokal ada Toyota Yaris Cross HEV, dan MPV diwakili Kijang Innova Zenix HEV, di mana kedua mobil ramah lingkungan tersebut sudah diproduksi lokal.

Sedangkan yang masih impor utuh, atau CBU ada Toyota Camry HEV, Corolla Cross HEV, Alphard HEV, Vellfire HEV, Corolla Altis HEV, dan terbaru ada All New Prius yang resmi dirilis di Indonesia pada Juli 2024, belum termasuk beberapa lineup Lexus.

Dari beberapa produk tersebut, ada salah satu model yang belum mendapatkan penyegaran dalam waktu yang cukup lama, sehingga ke depan ada versi penyegaran.

"Ada beberapa segmen soon SUV produk improvementnya, sekarang tanggal 26, mungkin Minggu depan ada undangan. Pokoknya satu produk yang segmennya cukup menarik," ujar Direktur Marketing Toyota Astra Motor, Anton Jimmy Suwandy di sela media test drive di Semarang (26/8).

Apakah ini akan jadi penanda kalau Toyota berniat terus melebarkan segmentasi dari jajaran mobil-mobil hybridnya? Setidaknya dengan menghadirkan mobil hybrid yang harganya lebih terjangkau.

"Kalau kita bicara segmen dulu hybrid di atas 500 juta, Zenix keluar, Yaris Cross. Kita ingin ke depan ada yang lebih kompetitif lagi, tapi ini kan butuh komunikasi dengan pihak principal, tapi nanti lah kalau ada, mudah-mudahan nanti kalau sudah ada waktunya kita sampaikan," tutupnya.

Harapannya, tentu saja sebuah Avanza Veloz hybrid yang bakal dilkuncurkan. Mobil yang pastinya sudah ditunggu-tunggu dan sudah berteknologi hybrid.

Namun kalau bukan mobil sejuta umat tersebut, jika berkaca dari kisi-kisi yang dijelaskan Anton, diduga SUV dengan dua sumber penggerak tersebut adalah Corolla Cross HEV facelift.

Apalagi sejauh ini model tersebut belum mendapatkan penyegaran untuk semua tipe, terakhir mereka rilis varian GR Sport.

Sedangkan di Thailand New Corolla Cross HEV sudah dipasarkan sejak Februari 2024. Ubahan yang diterapkan meliputi eksterior, interior, dan peningkatan fitur-fitur.

 

 

Terutama tampilannya, bumper depan seakan-akan menyatu dengan bodi seperti lineup baru Lexus.

Kemudian fitur-fitur barunya meliputi kick sensor, sehingga untuk membuka bagasi belakang hanya perlu mengayunkan kaki. Lalu rem parkir elektrik, panel instrumen 12,3 inci, dan sistem hiburan head unit 10,1 inci yang bisa terhubung ke smartphone.

Selain itu, produsen mobil Toyota itu juga tidak menutup kemungkinan menyiapkan mobil hybrid yang lebih terjangkau dari Yaris Cross HEV yang saat ini dilego Rp400 jutaan.