Trafik Indosat Naik 17% Saat Lebaran Berkat Free Fire hingga TikTok

pada 7 bulan lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id– Sepanjang periode Hari Raya Idulfitri 1445 H, Indosat Ooredoo Hutchison mencatat peningkatan trafik data sebesar 17 persen dari hari biasanya.

Lonjakan trafik ini disumbang dari meningkatnya aktivitas pengguna untuk membuka media sosial, aplikasi pesan singkat, hingga aplikasi mobile gaming.

Desmond Cheung, Director and Chief Technology Officer Indosat Ooredoo Hutchison mengungkapkan kalau peningkatan aktivitas ini juga ditunjang dengan kualitas jaringan yang sudah disiapkan oleh perusahaan.

“Dengan kualitas jaringan ini, pelanggan dapat menikmati layanan digital kelas dunia mulai dari mengakses media sosial, berbagi pesan, hingga bermain game online tanpa kendala berarti,” ujarnya dalam keterangan resmi yang diterimaUzone.id.

 

 

Sepanjang periode lebaran, pengguna banyak menggunakan beberapa aplikasi, sebut saja TikTok, Instagram, dan YouTube yang menjadi penyumbang terbesar dalam lonjakan trafik data, dengan rata-rata peningkatan sebesar 24 persen.

Sementara itu, game mobile seperti Mobile Legends, Free Fire, dan Call of Duty mencatat lonjakan trafik data tertinggi, dengan rata-rata peningkatan sebesar 95 persen.

Desmond menambahkan, “Komitmen kami terhadap Unparalleled Network Services Guaranteed atau jaminan pelayanan jaringan yang tak tertandingi, menjadi landasan untuk terus meningkatkan kualitas jaringan, tidak hanya di kota-kota besar, tetapi juga diperluas hingga ke wilayah pedesaan di seluruh Indonesia.”

Kualitas layanan yang dihadirkan IOH ini didukung oleh pemanfaatan infrastruktur jaringan berteknologi tinggi berbasisartificial intelligence/machine learning, efisien dari sisi penggunaan energi, serta sumber daya manusia yang andal. 

Peningkatan kebutuhan telekomunikasi pelanggan ini juga ditunjang dengan penambahan 2.145 sites baru dan 38 mobile BTS (MBTS) serta dukungan jaringan fiber optik sepanjang lebih dari 51 ribu km danlebih dari 224 ribu km akses metro fiber optic untuk memperkuat sinyal di lokasi prioritas.

 

 

Selain menyiapkan infrastruktur tambahan, Indosat juga menyiagakan lebih dari dua ribu personel yang bekerja 24 jam 7 hari baik di lapangan maupun di Pusat Operasi Jaringan Indosat (INOC) yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. 

“Hasilnya, jumlah tiket aduan pelanggan mengalami penurunan sebesar 26 persen untuk IM3 dan 42 persen untuk Tri dibandingkan periode lebaran tahun sebelumnya,” tambah Desmond.

“Pelayanan yang kami berikan sepanjang periode Hari Raya Idulfitri dan juga musim mudik menjadi bukti komitmen kami untuk terus dapat melayani pelanggan di manapun dan dalam situasi apapun, termasuk saat periode Ramadan dan Lebaran,” pungkas Desmond.

Ia menambahkan bahwa denganUnparalleled Network Services Guaranteedyang dimiliki perusahaan, IOH terus bertekad untuk meningkatkan pengalaman digital pelanggan, menyesuaikan dengan kebutuhan dan gaya hidup mereka.