Trafik Telkomsel Naik 11,7 Persen Selama Lebaran, Paling Tinggi di Cilacap

pada 2 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id– Telkomsel mencatat pertumbuhan trafik broadband sepanjang momen Ramadan dan Idulfitri (RAFI) 2023 yang mencapai 11,7 persen. Aktivitas digital yang diakses oleh pelanggan Telkomsel begitu meningkat, kira-kira paling banyak di daerah mana?

Peningkatan aktivitas digital yang dicatat Telkomsel tersebut mencakup akses layanan komunikasi, seperti instant messaging dan video conference yang tumbuh mencapai 5,5 persen, serta akses game mobile yang melonjak hingga 15,2 persen.

Untuk layanan digital yang mengalami pertumbuhan trafik tertinggi dikontribusi dari akses pelanggan ke WhatsApp yang melonjak hingga 40,3 persen, aplikasi media sosial seperti TikTok 28,5 persen, SnackVideo 23,4 persen, Instagram 14,2 persen, serta YouTube yang meningkat hingga 12 persen.

 

 

Momen RAFI tahun ini pun dianggap berbeda dari tahun lalu, di mana masyarakat sudah bisa mudik seperti normal, dan Telkomsel mencatat ada lima wilayah destinasi tujuan yang mengalami pergerakan pelanggan paling signifikan.

Lima wilayah yang mengalami peningkatan trafik broadband tertinggi antara lain wilayah operasional Kabupaten Cilacap 58,8 persen, Kabupaten Ciamis 58,4 persen, Kabupaten Tasikmalaya 54,9 persen, Kabupaten Garut 54,4 persen, dan Kabupaten Langkat di Provinsi Sumatera Utara 38,7 persen.

Selain trafik broadband, Telkomsel turut mencatat layanan pesan singkat (SMS) sekitar 14,1 persen, sedangkan trafik layanan panggilan suara (voice call) mengalami penurunan sebesar 20 persen dibandingkan hari biasa.

“Dengan mengedepankan Program Telkomsel Siaga RAFI 2023, secara keseluruhan kami telah mengantisipasi lonjakan trafik layanan broadband melalui optimalisasi infrastruktur jaringan berteknologi terdepan serta menjamin ketersediaan produk dan layanan digital unggulan,” ungkap Vice President Corporate Communications Telkomsel Saki Hamsat Bramono dalam pernyataan yang diterimaUzone.id.

 

 

Diketahui, Telkomsel telah melakukan optimalisasi jaringan terdepannya di seluruh Indonesia pada momen RAFI 2023 dengan melakukan optimalisasi kualitas, kapasitas, serta pemutakhiran teknologi jaringan yang difokuskan pada 490 Point of Interest (POI) di berbagai wilayah Indonesia.

Selain itu, Telkomsel juga menggelar rangkaian kegiatan perusahaan untuk berbagi dengan penerima manfaat yang membutuhkan di seluruh wilayah di Indonesia melalui rangkaian program Corporate Social Responsibility (CSR).

Penyerahan juga dilakukan bersamaan dengan kegiatan roadshow Telkomsel yang digelar pada empat kota di Indonesia, yakni Cirebon, Jawa Barat (28 Maret 2023), Banjarmasin, Kalimantan Selatan (3 April 2023), Banda Aceh, Aceh (5 April 2023), dan Mataram, Nusa Tenggara Barat (10 April 2023).