Traveloka Raih Pendanaan Rp4,6 Triliun dari Perusahaan Travel Online Expedia

pada 7 tahun lalu - by

 


Ikhtisar
  • Expedia akan bantu Traveloka mengembangkan layanan pemesanan hotel di seluruh dunia.
  • Di sisi lain, Expedia juga dapat mengakses pengalaman Traveloka di pasar Asia Tenggara untuk mengembangkan bisnis mereka.

Pada 27 Juli 2017 lalu,startuppemesanan tiket pesawat dan hotelTravelokamengumumkan kalau mereka telah mendapat pendanaan sebesar US$350 juta (sekitar Rp4,6 Triliun) dariExpedia. Selain memberikan investasi, perusahaantravelonlinebesar asal Amerika Serikat tersebut juga akan membantu Traveloka dalam menghadirkan layanan pemesanan hotel di seluruh dunia.

Expedia merupakan pemilik dari beberapa situstravel onlineseperti Expedia,Trivago, hinggaHotels.com. Dengan pendanaan ini, maka Traveloka secara total telah menerima investasi sebesar US$500 juta (sekitar Rp6,6 triliun) selama setahun terakhir. East Ventures, Hillhouse Capital Group, Sequoia Capital, dane-commerceasal CinaJD berpartisipasi dalam dua pendanaan terakhir mereka.

Saling menguntungkan

“Kerja sama ini memungkinkan pengguna kami untuk mendapat akses terhadap akomodasi internasional. Kami pun akan bekerja sama dengan Expedia untuk mengembangkan layanan kami di Asia dan wilayah lainnya,” ujar Ferry Unardi,co-founderdan CEO Traveloka, dalam siaran pers yang diterimaTech in Asia Indonesia.

Ferry Unardi, CEO Traveloka

Di sisi lain, Expedia pun bisa memanfaatkan pengetahuan Traveloka di pasar Asia Tenggara demi mengembangkan bisnis mereka. Saat ini Traveloka telah bekerja sama dengan seratus maskapai penerbangan, serta melayani pengguna di Indonesia, Thailand, Vietnam, Malaysia, Singapura, dan Filipina.

Kiprah Traveloka sejauh ini

Berdiri sejak tahun 2012, Traveloka kini telah menghadirkan banyak layanan selain pemesanan tiket pesawat dan hotel. Mereka telah menghadirkan layanan pemesanan tiket kereta api dan tiket masuk lokasi wisata, hingga paket data. Di Indonesia sendiri, mereka bersaing dengan beberapatravel online lain yang ada sepertiTiket.comyang pada Juni 2017 lalu barudiakuisisi oleh Blibli, sertaPegiPegi.

Demi menggaet pengguna, Traveloka cukup sering menghadirkan iklan, baik di internet, televisi, serta reklame. Mereka pun menjadi sponsor dari beberapa kompetisi, mulai dariLiga 1hinggaAsia’s Got Talent. Menarik untuk ditunggu bagaimana pengaruh investasi dan bantuan Expedia ini dalam membantu perkembangan mereka di Asia Tenggara.

(Diedit olehIqbal Kurniawan)

The postTraveloka Raih Pendanaan Rp4,6 Triliun dari PerusahaanTravel OnlineExpediaappeared first onTech in Asia Indonesia.