Tren Belanja di Tokopedia Saat Lebaran, Mie Instan Jadi Makanan Favorit

pada 2 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id— Momen Ramadan dan Lebaran selalu menghadirkan tren-tren baru, termasuk di e-commerce. Walaupun sudah tidak PPKM, belanja online tetap jadi pilihan masyarakat Indonesia.

Hal ini terbukti dari jumlah transaksi beberapa produk yang mengalami peningkatan selama Ramadan. Di awal Ramadan saja, produk seperti blus muslim meningkat 2x lipat, gamis dan kaftan masing-masing juga mengalami kenaikan sekitar 2,5x lipat.

Selama Ramadan dan momen Lebaran, Tokopedia mencatat beberapa kategori yang mengalami kenaikan. 

Dari periode 23 Maret hingga 22 April 2023, kategori Rumah Tangga, Makanan dan Minuman, serta Fashion menjadi yang paling laris di kalangan pengguna Tokopedia.

Uniknya, di kategori makanan dan minuman yang masuk dalam kampanye Tokopedia NOW, mie instan termasuk dalam jajaran makanan favorit yang dibeli pengguna selama periode tersebut, bersama dengan beras dan juga daun bawang.

Layanan Tokopedia NOW! juga menjadi salah satu yang banyak digunakan karena pengiriman yang cepat untuk bahan-bahan makanan untuk berbuka atau pun sahur, yaitu maksimal 2 jam setelah pembayaran.

Selanjutnya, untuk kategori Fashion, kaos, sepatu dan kerudung menjadi 3 produk yang paling diincar. Kurma, parsel makanan dan madu juga menjadi produk di Tokopedia NYAM! yang paling diincar pengguna.

Tokopedia juga mencatat adanyahabitlain yang terjadi selama Ramadan dan Lebaran kemarin, dimana lebih dari 40 persen pesanan Dilayani Tokopedia menggunakan pengiriman instan.

Untuk menghadapi lonjakan pesanan saat dua periode ini, Tokopedia juga berkolaborasi dengan lebih dari 14 mitra logistik terhubung agar pengiriman lancar tanpa hambatan. Keberhasilan ini juga tercatat dengan jarak terjauh yang ditempuh oleh pengiriman Tokopedia, yaitu dari Jakarta-Jayapura (3500 KM) untuk pengiriman parsel selama Ramadan-Lebaran.

Ngabuburit juga menjadi salah satu waktu yang paling banyak dikunjungi pengguna Tokopedia, yang mana mereka banyak mengakses tayangan-tayangan di Tokopedia Play.

Tak hanya itu saja, Tokopedia pun bekerja sama dengan lembaga kemanusiaan terpercaya dan terverifikasi untuk mempermudah masyarakat menjalankan ibadah, termasuk berzakat, secara online.

“Selama Ramadhan hingga Lebaran 2023, lebih dari Rp5 miliar zakat terkumpul di Tokopedia,” kata Ekhel Chandra Wijaya, Head of Corporate Affairs Tokopedia.

Lewat berbagai kampanye-nya, beberapa UMKM juga mengalami kenaikan transaksi selama Ramadan dan Lebaran, seperti Universa Sajadah yang menjual perlengkapan ibadah, salah satunya sajadah dengan motif polos. 

Berkat kampanye Tokopedia Ramadan in Style, Universa Sajadah mengalami kenaikan sampai 5 kali lipat di masa-masa Ramadan.

Begitupun UMKM Bruule yang juga mengalami kenaikan transaksi sebesar 4 kali lipat selama bulan Ramadan dibandingkan dengan bulan biasanya berkat Tokopedia NYAM!