Truk Listrik Fuso Punya Fitur Safety Canggih, Bisa Cegah Kecelakaan?

pada 3 hari lalu - by

Uzone.id-PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation di Indonesia, resmi meluncurkan Fuso eCanter di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024.

Langkah ini menandakan era baru kendaraan niaga dimana sejumlah fitur keselamatan canggih sudah menyertai kehadiran truk listrik tersebut.

 

 

Diharapkan, hadirnya fitur-fitur keselamatan canggih tersebut, bisa mengurangi kecelakaan yang selama ini kerap terjadi karena disebabkan oleh bus dan truk.

Fuso eCanter juga dilengkapi dengan fitur keselamatan canggih layaknya mobil mewah, seperti Electronic Stability Program (ESP) dan Lane Departure Warning System (LDWS) untuk mengurangi risiko kecelakaan.

Juga ada teknologi Acoustic Vehicle Alert System (AVAS) dan Intelligent Headlight Control (IHC) meningkatkan visibilitas dan keamanan.

“Fuso eCanter yang kami luncurkan ini memiliki fitur keamanan yang paling canggih di kelasnya, mulai dari AVAS, IHC, dan Lane Departure Warning System. Semua fitur ini kami hadirkan untuk memastikan keamanan bagi para supir truk,” jelas Sales and Marketing Director PT KTB, Aji Jaya.

Mitsubishi Fuso eCanter juga hadir sebagai solusi transportasi ramah lingkungan tanpa emisi gas buang, mendukung upaya pemerintah Indonesia dalam menurunkan emisi karbon dan meningkatkan kualitas udara perkotaan.

“Fuso eCanter memiliki biaya operasional yang lebih efisien hingga 40%. Jumlah ini cukup signifikan bagi para pemilik bisnis,” ujar General Manager of Product Strategy Unit PT KTB, Bayu Aprizal, di acara diskusi yang digelar di GIIAS 2024.

Seluruh kendaraan niaga Mitsubishi Fuso di GIIAS 2024 telah dilengkapi dengan teknologi emisi Euro 4, termasuk mesin 4V21 untuk Canter dan mesin 6M60 untuk Fighter X.

 

 

Teknologi ini mengurangi kadar emisi NOx (Nitrogen Oxide), menjadikan emisi gas buang lebih ramah lingkungan.

“Kami sebagai market leader di kendaraan komersil di Indonesia tentunya akan selalu support kebijakan-kebijakan dari pemerintah, salah satunya dengan penerapan teknologi Euro 4 di seluruh varian kendaraan truk kami,” tutupnya.