tSurvey.id Suguhkan Layanan Baru Berbasis Data untuk UMKM Lokal

pada 2 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id– Solusi layanan survei digital dari Telkomsel, tSurvey.id menghadirkan layanan berbasis data dan insight khusus bagi sektor UMKM yang bertujuan mendukung pengambilan keputusan bagi para pemain UMKM di Indonesia.

Melalui fitur solusi terbaru ini, Telkomsel Enterprise ingin mengakselerasi pertumbuhan bisnis melalui pemanfaatan teknologi digital terkini yang dapat dikostumisasi dan diakses secara mudah oleh para pelaku bisnis UMKM di Indonesia.

Berdasarkan data dari Kementerian Koperasi dan UKM pada Maret 2021, kontribusi UMKM terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) mencapai 61,07 persen atau senilai Rp 8.573,89 triliun. UMKM berperan cukup besar dalam perputaran ekonomi di Indonesia.

 

 

Namun, menurut data dari Kementerian Kominfo RI pada tahun 2022, dari 64 juta UMKM di Indonesia hanya sekitar 32 persen yang sudah terdigitalisasi atau memanfaatkan teknologi digital, artinya masih ada 68 persen UMKM yang belum memanfaatkan teknologi digital untuk mengakselerasi perkembangan bisnisnya.

“Layanan ini akan menangkap berbagai insight dari seluruh pelanggan di Indonesia, mulai dari aspek kebiasaan, opini, hingga persepsi responden terhadap sebuah produk secara tepat, sehingga dapat membantu UMKM untuk mengoptimalkan pemasaran dan penjualan produknya,” ujar Vice President Data Solutions Telkomsel Alfian Manullang dalam pernyataannya.

Layanan terbaru dari tSurvey.id untuk segmen UMKM ini menghadirkan beragam fitur yang lebihuser-friendly,efisien, dan fleksibel untuk dapat dikerjakan serta digunakan sendiri, baik oleh pelaku UMKM maupun periset.

Selain itu, layanan tersebut juga memiliki harga yang terjangkau dan didukung juga oleh kapabilitas platform tSurvey.id yang berisidata insight telco lengkap dengan targeting danprofilingresponden yang dipercaya akurat, serta keluaran hasil yang lebih cepat.

 

 

Berdasarkan hasil survei yang telah dilakukan terhadap 500 responden di wilayah Jabodetabek dan Jawa Barat, tSurvey.id menemukan insight terkait preferensi konsumen dalam berbelanja barang fashion.

Sebanyak 84 persen responden memilih berbelanja barang fashion secara online dengan alasan yang bervariasi, seperti 44 persen memilih karena lebih mudah dan efisien, 40 persen memilih karena kemudahan dalam membandingkan harga dan promo, serta 9 persen memilih karena ketersedian variasi produk yang banyak.

Sedangkan platform e-commerce menjadi kanal pilihan utama konsumen berbelanja online dengan 38 persen, disusul oleh 25 persen responden yang memilih platform media sosial, 21 persen memilih berbelanja melalui official website, dan 16 persennya membeli dengan menghubungi penjualnya secara langsung.

Platform e-commerce menjadi pilihan favorit konsumen karena kemudahan dalam membandingkan produk, banyaknya diskon dan promo yang ditawarkan, hingga tersedianya ulasan dari pembeli sebelumnya.

“Dengan hadirnya layanan khusus untuk sektor UMKM, diharapkan dapat membantu para pelaku bisnis sektor UMKM untuk dapat meningkatkan performansi dan memperkuat posisi mereka di segmen pasarnya dengan memahami perilaku, preferensi, dan masalah pelanggan dari perspektif responden,” tutup Alfian.