Tundukan Turki 3-0, Spanyol Lolos ke 16 Besar

pada 8 tahun lalu - by
Advertising
Advertising
| June 18, 2016 4:05 am

TEMPO.CO,Jakarta-Spanyol berhasil lolos ke babak 16 besar setelah menundukan Turki 3-0 pada laga kedua Grup D Piala Eropa 2016, Sabtu dinihari tadi, 18 Juni 2016. Gol kemenangan Spanyol diciptakan oleh dua penyerangnya, Alvaro Morata dan Nolito.

Dua gol Spanyol tercipta pada babak pertama. Alvaro Motara berhasil menanduk umpan silang Nolito dari sisi kanan pertahanan Turki pada menit ke-34.

Tiga menit berselang giliran Nolito yang menjebol gawang Turki yang dijaga oleh Volkan Babacan. Dia memanfaatkan umpan congkel Fabregas yang tak mampu dibuang dengan sempurna oleh lini pertahanan Turki.

Satu gol tambah Spanyol tercipta pada awal babak kedua. Baru 3 menit babak kedua berjalan, Morata mencetak gol keduanya berkat kerjasama apik Andres Iniesta dan Jordi Alba.

Iniesta melepaskan umpan terobosan menembus lini belakang Turki mengarah kepada Jordi Alba. Dengan satu sentuhan, Jordi Alba yang lepas dari perangkap off-side mengirim bola ke mulut gawang dan disambar Morata yang tak terkawal.

Sepanjang pertandingan, Spanyol mendominasi penguasaan bola. Mereka memaksa Turki lebih banyak turun ke lapangan permainan sendiri. Turki hanya sesekali membahayakan gawang Spanyol yang dijaga oleh David de Gea.

Kemenangan itu membawa Spanyol tetap memuncaki klasemen Grup D dengan nilai 6 hasil dua kemenangan. Mereka dikuntit Kroasia yang berada di posisi kedua dengan 4 angka. Kedua tim akan bertemu pada laga terakhir. Kroasia hanya membutuhkan hasil imbang untuk mengikuti langkah Spanyol ke babak 16 besar.

Sementara Turki belum mengumpulkan satu pun angka dan berada di dasar klasemen. Mereka akan menghadapi Republik Cek yang berada di posisi ketiga dengan 1 angka hasil bermain imbang melawan Kroasia. Cek masih bereluang lolos ke babak 16 besar sebagai 1 dari 4 peringkat ketiga terbaik jika berhasil menang melawan Turki pada laga terakhir.

FEBRIYAN