Ucapan Bos Qualcomm Terbukti: Snapdragon 8 Gen 4 Berbasis Oryon CPU

pada 12 hari lalu - by

Uzone.id- Oktober tahun lalu, tepat saat Qualcomm mengumumkan Snapdragon 8 Gen 3 di acara Snapdragon Summit 2023 di Hawaii, Amerika Serikat (AS), President and CEO of Qualcomm, Cristiano Amon sedikit bocorkan soal Snapdragon 8 Gen 4 yang akan datang. 

Ia menampilkan presentasinya bertuliskan “Qualcomm Oryon akan hadir di platform mobile Snapdragon pada tahun 2024”, sambil berkata “Apakah kalian akan datang untuk Snapdragon Summit 2024? Apakah kalian akan di sini?”

Teaser yang ia bagikan sepertinya bakal kejadian. Baru-baru ini bocor specs sheet dari prosesor dengan nomor model SM8750 dan SM8750P. Dikutip dari Smartprix, model terakhir dengan kode ‘P’ mungkin adalah singkatan dari ‘Performance’, mirip seperti kode ‘AC’ pada seri sebelumnya. 

Ada dua hal baru yang jadi highlight dari chipset yang diduga bernama Snapdragon 8 Gen 4. Pertama, untuk kali pertama Qualcomm menggunakan fabrikasi 3nm TSMC. 

Kedua, Snapdragon 8 Gen 4 memiliki konfigurasi CPU 2+6 dan menggunakan teknologi Oryon CPU berbasis ARM. Tapi, belum jelas apakah Qualcomm menggunakan Oryon sepenuhnya atau hanya 2-core berbasis Oryon dan sisanya masih berbasis Cortex. 

Dari catatan benchmark yang muncul di situs Geekbench, Snapdragon 8 Gen 4 memiliki performa 35 persen lebih cepat pada single-core dan 30 persen pada multi-core. 

Bocoran lainnya, Snapdragon 8 Gen 4 menggunakan kartu grafis (GPU) Adreno 8 Series yang punya peningkatan performa dan efisiensi daya dibanding Adreno 7 Series. Dan, system on chip (SoC) baru ini sudah mendukung RAM quad-channel LPDDR5X. 

Kecerdasan buatan (AI) tetap jadi fokus Qualcomm pada Snapdragon 8 Gen 4. Chip ini punya subsistem Low-Power AI (LPAI) pada neural processing unit (NPU) yang membuat penggunaan pelacakan audio, kamera, dan sensor selalu aktif. 

Fitur lainnya terkait konektivitas, Snapdragon 8 Gen 4 akan mendukung mmWave dan sub-6GHz 5G (Rel. 17), Wi-Fi 7 (802.11be), Bluetooth 5.4, ultra wideband (UWB) FastConnect 7900. 

Xiaomi 15 diprediksi jadi smartphone pertama yang ditenagai Snapdragon 8 Gen 4. Diharapkan, ponsel ini diluncurkan pada Oktober mendatang, berbarengan dengan rilisnya Snapdragon 8 Gen 4 nanti.