Usaha Kuliner Minim Modal yang Menjamur di 2018

pada 6 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

Tahun 2018 adalah tahun yang menarik bagi industri kuliner. Di tahun 2018 ini, rasanya semua orang adalah pecinta kuliner yang senang berburu kuliner hingga ke daerah-daerah sepi sekalipun. Tentunya ini merupakan kesempatan baik yang bisa dimanfaatkan. Banyaknya permintaan ini akan menjadi peluang bisnis potensial yang bisa dikerjakan di tahun 2018 ini.

Melihat banyaknya potensi yang bisa digarap, akan cukup sayang kalau kamu tidak ikut terjun dalam industri ini. Sebagai bahan referensi, berikut ini beberapa jenisusaha kulineryang menjamur di tahun 2018 ini.

1. Kuliner serba pedas

Masyarakat Indonesia sangat mengenang kuliner pedas. Rasa pedas dari sambal-sambal ini membuat masyarakat Indonesia merasa ketagihan meskipun harus merasakan akibatnya di akhir waktu. Lihat saja ayam geprek atau atau gepuk yang sukses meskipun telah diisi oleh banyak pemain.

Ada juga Waroeng Spesial Sambal yang bisa sukses berkat sambalnya yang ekstra lezat. Selain itu, ada juga Mie Abang Adek sebenarnya adalah mie instan dengan tambahan sambal ulek ekstra pedas. Jadi, bisa dilihat sebenarnya poin utama dari hidangan pedas ini adalah cabai saja.

2. Smoothies bowl

Kuliner sehat kini mulai menjadi primadona di kalangan milenial. Derasnya informasi dan pengaruh dari luar negeri lembut hidangan sehat mulai diminati oleh masyarakat. Salah satu hidangan yang menjadi favorit adalah smoothies bowl. Secara bahan sebetulnya smoothies bowl ini cukup sederhana.

Smoothies bowl hanya memerlukan buah-buahan yang kaya nutrisi saja. Buah-buahan ini pun cukup mudah dibeli di pasaran. Hanya saja, bila kamu ingin menggantikan smoothies bowl yg lebih lengkap, perlu ada tambahan biji-bijian yang mungkin cukup sulit ditemukan. Tapi jangan khawatir, sejak adanya toko online, mencari bahan-bahan ini pun menjadi jauh lebih mudah.

3. Makanan dengan topping keju mozarella

Keju mozarella saat ini sedang mendominasi hampir seluruh kuliner lokal Indonesia. Percampuran antara budaya lokal dengan budaya barat ini pun bukan tanpa sebab. Keju mozarella memang terbilang cukup mudah diaplikasikan ke kuliner lain, dan rasanya juga lezat. Contonya ayam geprek mozarella. Meskipun hal ini terdengar asing, namun rasa dan teksturnya terasa spesial. Bukan hanya itu, bahkan kini bakso juga ikut dilengkapi dengan keju mozarella. Efek elastis dari keju mozarella ini pun membuat hidangan jadi lebih atraktif dari sebelumnya. Ini yang membuat makanan dengan topping mozarella menjadi salah satu usaha kuliner yang menjamur.

4. Bisnis kuliner kue kekinian

Bila kamu bertanya tanya apa itu kue kekinian, perlu diketahui bahwa pada dasarnya kue kekinian ini tidak jauh dari campuran antara sponge cake dan pastry. Lengkap dengan tambahan topping atau isian aneka rasa yang sudah familiar di kalangan anak muda.

Contohnya coklat, cream cheese, green tea, mangga, dan lain sebagainya. Selain itu, bisa juga dengan taburan keju yang melimpah ruah. Namun sayangnya, banyak dari kue kekinian yang terlalu fokus pada topping hingga melupakan cita rasa dari kuenya sendiri. Oleh karena itu, bila kamu ingin terjun di bidang ini, maka perhatikan rasa dari kue agar menjadi enak, supaya kamu memiliki nilai jual lebih.

5. Kuliner salted egg

Telur asin atau salted egg merupakan salah satu usaha kuliner yang menjamur di tahun 2018 ini. Saat ini sudah banyak toko, baik online maupun offline, yang menjajakan kuliner dengan tambahan salted egg yang lezat dan gurih.

Salah satunya Eatlah, saat ini rasanya cukup sulit menemukan milenial yang belum pernah mencicipi restoran yang ikonik ini. Meskipun terlihat mewah, sebenarnya menu-menu salted egg ini terbilang cukup sederhana. Misalnya, Eatlah hanya menyajikan dua pilihan lauk yaitu daging ayam dan daging ikan dori. Keduanya pun tidak terbilang kuliner yang mahal. Sehingga kamu tidak akan perlu modal yang terlampau besar.

6. Usaha kuliner asinan

Buah lokal seperti rambutan, salak, mangga muda, dan lain-lain merupakan buah yang mudah ditemukan. Terlebih lagi ketika sedang musim panennya. Ini membuat hidangan asinan buah sebagai salah satu hidangan yang mudah untuk didapatkan. Sekali lagi, masyarakat Indonesia sangat menyukai hidangan bercita rasa pedas.
Jadi, membuat asinan buah yang memiliki sedikit rasa pedas bisa menjadi magnet. Rasa pedas, asam, dan manis juga sangat cocok dengan lidah masyarakat Indonesia. Untuk memasarkannya kamu pin cukup dengan menggunakan media sosial atau toko online saja. Jadi, memang hidangan ini tidak membutuhkan banyak modal.

7. Bisnis kuliner castella cake

Selain kue kekinian, kamu juga bisa membuat castella cake atau kue kasutera. Bahan dasar cake ini pun sangat sederhana. Sama seperti sponge cake, kamu hanya perlu telur, tepung, gula, dan sedikit garam.

Namun, yang membuat castella cake ini lebih lezat adalah cara pengolahan dan topping yang digunakan. Bisa dengan memberikan topping madu, atau lelehan butter. Bila ingin membuat kue ini lebih nikmat, tentu kamu perlu menggunakan butter berkualitas tinggi.

8. Makanan Instagram-able

Instagram merupakan salah satu alat pemasaran yang sangat efektif. Baik itu di dalam maupun di luar negeri, Instagram masih menjadi salah satu sumber rujukan konsumen dalam mencari kuliner terbaru. Untuk itu, guna menarik minat dari lebih banyak orang, kamu bisa menciptakan menu yang memiliki tampilan yang cantik untuk feed atau Story dari Instagram kamu.

Biasanya makanan ini terdiri dari dua komponen utama. Pertama, memiliki porsi yang jumbo. Kedua, memiliki plating yang menawan. kamu pun bisa memilih salah satu, atau bahkan keduanya sekaligus. Intinya, semakin unik, maka semakin banyak orang yang tertarik dengan kuliner kamu.

Delapan jenis kuliner di atas bisa menjadi sumber inspirasi bagi kamu yang akan merintis usaha kuliner. Daripada repot, kamu bisa dengan mendirikan usaha kuliner yang menjamur di tahun ini saja. Selain bisa langsung memanfaatkan tren, kamu pun akan lebih cepat menarik minat konsumen. Selamat mencoba!