Uzone Talks: Kapan Smart City Sentuh Sumatra?

30 March 2023 - by

Uzone.id -- Perkembangan teknologi yang semakin pintar membuat konsep ‘smart’ tidak hanya dapat diterapkan pada level perangkat saja, tetapi sudah pada berbagai sistem atau tatanan. Salah satunya adalah melalui konsep smart city, sebuah konsep kota yang didukung oleh teknologi dan inovasi untuk meningkatkan kualitas hidup dan produktivitas masyarakatnya.

Advertising
Advertising

Di Indonesia, konsep smart city mulai dikenal pada awal tahun 2010-an dan pada tahun 2015 lalu Pemerintah Indonesia secara resmi meluncurkan program Smart City untuk mendorong perkembangan kota pintar di seluruh Indonesia.

Namun mewujudkan kota cerdas merupakan sebuah kerja berkelanjutan yang tidak hanya sebatas implementasi teknologi, tetapi juga “proses” dan “people” yang terkait dengannya. Hal inilah yang mendasari bahwa percepatan implementasi kota cerdas harus mengedepankan tidak hanya semangat inovasi, tetapi juga kolaborasi.

Sebagai bentuk komitmen Telkom Indonesia selaku BUMN ICT dalam mendorong percepatan pemanfaatan teknologi ICT dan dukungan transformasi digital untuk mewujudkan kota dan daerah yang lebih baik dalam segala aspek, Telkom hadir dengan konsep “Smart City Nusantara”.

Lantas bagaimana penerapan program ini di kawasan luar Jawa, seperti Sumatra? Apa kendala yang harus dihadapi?

Uzone Talks edisi kali ini akan membahasnya bersama DGM Witel Sumatra Selatan (Sumsel) Yuniarti Suwono dan Account Manager Witel Sumsel Srinyta Siregar. Kedua narasumber ini akan fokus pada potensi smart city dan perkembangan teknologi digital di area Sumatra Selatan.

Jangan sampai ketinggalan, saksikan obrolan seru ini live di YouTube Uzone ID hari ini, Kamis (30/3) pukul 16.00 WIB.

See you there!