Uzone Talks: Smart City Bukan Cuma Belanja Aplikasi!

pada 8 bulan lalu - by

Uzone.id-- Di tahun ini, kemerdekaan Indonesia genap berusia 78 tahun pada 17 Agustus kemarin. Hanya berselang dua hari, Korea Selatan juga merayakan HUT kemerdekaan di usia yang sama, yakni pada 15 Agustus 2023. Kendati hari kemerdekaan yang hanya terpaut dua hari, Indonesia dan Korea Selatan memiliki perbedaan mencolok dari segi perkembangan teknologi.

Korea Selatan tak hanya dikenal sebagai salah satu pionir jaringan cepat 5G, namun juga implementasi smart city. Sejak awal tahun 2000an, Korea telah membangun beberapa kotanya untuk menjadi smart city seperti Kota Incheon, Daejeon dan Paju.

Deretan sistem yang telah diimplementasikan Korea dalam mewujudkan smart city di antaranya Integrated Public Transportation Fare System, Smart Water Grid, Smart Waste Management System dan Smart City Integrated Platform.

Saat ini kota-kota lain seperti Seoul dan Busan juga telah berubah menjadi kota dengan teknologi canggih yang dibangun demi kepentingan publik. Tak heran jika kota-kota tersebut menjadi inspirasi pemerintah Indonesia –dalam hal ini Kementerian PUPR– untuk membangun IKN.

Di Indonesia sendiri, Kementerian Komunkasi dan Informatika juga tengah meningkatkan kolaborasi dan sinergi antara pemerintah kabupaten dan kota untuk mewujudkan smart city, salah satunya melalui Penyusunan Masterplan Smart City dan dan Quick Win Kota/Kabupaten Tahun 2023.

Bahkan, berdasarkan Smart City Index (SCI) 2023 yang dirilis oleh organisasi akademi berbasis di Swiss, IMD memuat 3 kota dari Indonesia yaitu DKI Jakarta, Medan, dan juga Makassar.

Lalu, sejauh mana pengembangan smart city di Indonesia hingga hari ini? Apa-apa saja yang harus ditingkatkan, tantangan, hingga harapan jangka panjangnya? Apakah kita bisa ‘mengejar’ Korea Selatan?

Yuk, simak obrolan 'penuh daging' kali ini di Uzone Talks bersama pakar teknologi informasi Prof. Dr. Harya Damar Widiputra yang juga dikenal sebagai salah satu Tenaga Ahli Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), hari ini live di YouTube Uzone ID pukul 16.00!

Jangan sampai ketinggalan, ya!