Viral 'Mobil Hamil' Karena Kap Mesin Menggembung, Kok Bisa?

pada 19 hari lalu - by

Uzone.id-Pemandangan unik sekaligus aneh viral di media sosial, dimana sejumlah video memperlihatka bagian kap mesin mobil pada menggembung. Kok bisa?

Banyak orang menyebutnya fenomena 'mobil hamil' yang terjadi di China. Dikutip darihindustantimes, beberapa rekaman video memperlihatkan kap mesin menggembung cukup besar, bahkan sampai menghalangi pandangan ke depan.

 

 

Beberapa pengguna platform X lainnya mengklaim bahwa efek seperti itu hanya terlihat pada kendaraan produksi lokal. "Jangan bercanda! Mobil buatan Tiongkok bisa hamil jika terlalu panas,” tulis jurnalis China, Jennifer Zeng di platform X.

Ternyata, fenomena 'mobil hamil' tersebut terjadi hanya pada mobil-mobil yang menggunakan wrapping sticker.

Karena China saat ini sedang dilanda gelombang panas ekstrem, maka imbasnya ketika ada udara yang terjebak di dalam wrapping sticker tersebut memuai dan menggembung.

Ketika gas dan udara pada perekat pelindung cat dan penutup bodi kendaraan terperangkap, bisa mengembang karena paparan suhu tinggi tersebut.

Salah satunya menyebabkan efek menggelembung, peregangan, dan pembengkakan seperti terlihat dalam video yang viral.

"Seiring waktu, suhu tinggi dapat menyebabkan pembungkus vinyl melengkung, menggelembung, atau bahkan memudar," tulis Wrap Guys.

 

 

Wrapping stiker berkualitas, perekatan yang kuat, dan pemasangan yang tepat cenderung tidak akan mengalami masalah parah.

Pemilik mobil disarankan untuk parkir di area teduh, dan sering melakukan pengecekan rutin.