Vivo V40 dari Dekat: Lebih Mewah, Kamera Sudah Didukung Zeiss

pada 8 hari lalu - by

Uzone.id -Jelang peluncuran resminya di Indonesia, kami berkesempatan untuk menjajal langsungVivo V40terbaru. Suksesor Vivo V30 ini bakal menyapa konsumen tanah air pada 5 September mendatang, membawa banyak peningkatan termasuk pada sektor kameranya.

Zeiss, perusahaan asal optik asal Jerman sudah bertahun-tahun menyokong teknologi kamera darismartphoneflagshipVivo, X Series. Vivo kemudian menghadirkannya pada serihigh-endmereka, V Pro Series, salah satunya pada Vivo V30 Pro yang rilis 6 bulan lalu.

Sadar kemampuan kamera masih jadi daya tarik tertinggi bagi konsumen di Indonesia, Vivo pun bawa ‘teknologi mahalnya’ pada kelas menengah. Vivo V40 menjadi Vnumber seriespertama yang memiliki kamera dengan dukungan teknologi dariZeiss.

 

 

“Untuk kali pertama, V number series yang reguler ini didukung Zeiss, teknologi yang biasanya ada di seri high-end dan flagship kami,” sebut PR Manager Vivo Indonesia, Alexa Tiara, saat sesihands-onVivo V40 beberapa waktu lalu.

Melihat ponsel ini pertama kali, dua kata yang langsung terucap kala itu, “bagus juga”. Desainnya berubah signifikan dibanding seri sebelumnya. Terlihat dari bentuk kameranya, menjadi serba bulat yang beda 180 derajat dari Vivo V30 yang mengusung bingkai kamera persegi.

Yang bikin ponsel ini kelihatan ‘lebih mahal’ adalah penyematan logo Zeiss. Ibaratnya,smartphonekelas menengah juga berhak tampil keren, setidaknya hampir menyerupai ponselflagshipyang jauh lebih tinggi harganya.

Bingkai kamera ini menyimpan sepasang kamera dengan sensor 50 MP, masing-masing lensanyawidedanultrawide. Untuk kamera utama bahkan sudah mendukungoptical image stabilization(OIS), memaksimalkan stabilisasi gambar saat merekam video atau ketika memotret foto malam.

 

 

Tepat di bawah lingkaran kamera berukuran cukup besar itu, ada Aura Light, inovasi yang terus dipertahankan Vivo pada beberapa iterasi sebelumnya. Teknologi ini menciptakan variasi warna ketika pengguna mengambil foto pada mode Portrait. 

Vivo V40 tampilkan tiga warna yang menurut kami lebih ekspresif. Ada tiga opsi, Platinum SIlver dan Chrome Purple dengan tekstur matte yang halus, serta Ceramic Peach yang tampilkan warna pinkglossyyanggirly.

Dan faktanya, warna pink ini tak tersedia secara global. Di pasar luar negeri, berdasarkan situs resmi Vivo Global, ponsel ini tersedia dalam warna Ganges Blue, Lotus Purple, dan Titanium Grey

Pilihan warna yang cantik, Vivo V40 juga amat nyaman digenggam dengan satu tangan. Tepian bodi kiri-kanan yang dibuat melengkung, ditambahform factoryang dibuat ringkas, membuat ponsel ini lebih enteng digenggam dan memberikanfeelyang mewah.

Sekadar informasi, bodinya terbuat dari kaca dengan ketebalan hanya 7,6 mm yang ramping, dimana bobotnya tak lebih dari 190 gram.

 

 

Ke depan, Vivo menggunakan panel AMOLED untuk layarnya. Ukurannya 6,78 inci dengan lengkungan pada tepian kiri dan kanannya.

Layar ini suguhkan resolusi 2.180 x 1.260 piksel, serta sudah mendukungrefresh rate120Hz dan juga HDR10+. Kalau dari situs Vivo Global, layarnya bahkan memiliki tingkat kecerahan puncak sampai 4.500 nits.

Tepat di tengah atas layar, terdapatpunch holeatau lubang kamera yang menjadi tempat bagi kamera selfie 50 MP bersensor ISOCELL JN1. Vivo menyebutnya sebagai ‘Zeiss Group Selfie Camera’, menandakan kalau kamera ini bakal ciptakan foto yang bagus untuk foto selfie lebih dari dua orang.

Buka saja terlihat lebih elegan desainnya, Vivo V40 juga dibuat lebih tahan air. Ada dua rating yang didukung ponsel ini, yakni IP68 dan IP69. IP68 berarti produk ini bisa dibawa berenang hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit, sedangkan IP69 adalah tingkat perlindungan tertinggi terhadap benda padat dan cair.

“Kenapa ada dua rating, karena IP68 itu tahan tenggelam, sementara IP69 itu lebih tahan terhadap tekanan air dan juga suhu air yang tinggi, sekitar 40-80 derajat,” papar Alexa.

 

 

Soal dapur pacu, Vivo V40 ditenagai Snapdragon 7 Gen 3. Prosesor ini sebenarnya sejenis dengan Vivo V30. Namun, Vivo bekali ponsel barunya dengan baterai yang lebih besar menjadi 5.500 mAh, kapasitas yang jumbo untuk sebuahsmartphoneyang terbilang tipis. 

Pengisian dayanya masih FlashCharge 80W, dan pengguna pun tetap mendapatkan kabel dan adaptor charger dalam paket pembelian. 

Belum diketahui berapa harga Vivo V40 saat meluncur nanti. Namun besar kemungkinan, banderolnya akan sedikit lebih mahal dari Vivo V30, hal ini dikonfirmasi langsung oleh Alexa.

“Harganya sedikit di atas V30, tapi di bawah flagship,” pungkasnya.