Waduh, Apple Dipecundangi Huawei

pada 6 tahun lalu - by

Mengejutkan, pasar gawai internasional kuartal kedua 2018 memberikan informasi bahwa Huawei berhasil menyalip Apple sebagai produsen smartphone terbesar kedua di dunia. Dengan kata lain, pabrikan Cina ini berhasil menggusur raksasa Amerika Serikat itu untuk mundur dari peringkat kedua di pasar telepon cerdas global.

Berdasarkan data firma risetCanalys, Huawei berhasil mengapalkan 54 juta ponsel selama kuartal kedua 2018. Angka ini meningkat 41 persen dari tahun sebelumnya.

Sedangkan Apple hanya berhasil mengapalkan 41 juta unit dalam periode yang sama. Pencapaian ini hanyalah meningkat satu persen dibandingkan tahun sebelumnya.

"Strategi Huawei telah berkembang dalam enam bulan terakhir. Walaupun mengalami kegagalan dengan mitra dari Amerika Serikat, Huawei berhasil membalik keadaan dan menghasilkan keuntungan," kata Mo Jia, analisCanalys.

Prestasi Huawei dalam menggusur Apple tak terlepas dari hasil penjualan Huawei P20 dan P20 Pro yang dinilai bagus. Huawei berhasil mengirimkan tujuh juta unit ponsel dengan spesifikasi tiga kamera belakan.

"Huawei berhasil meningkatkan adopsi teknologi baru. Dengan berfokus di AI (kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence) dan chipset NPU, serta konfigurasi tiga kamera," tambahnya.

Keberhasilan Huawei, kata Jia, juga dipicu oleh pertumbuhan merek Honor. Dari dataCanalys, Huawei  berhasil mengirimkan empat juta unit ponsel Honor ke luar Cina.

"Honor yang sudah dikenal baik di Cina namun tidak terlalu dikenal secara global, memiliki peran vital terhadap strategi Huawei," imbuhnya lagi.

 

 

Berita Terkait: