Kapan Waktu Paling Tepat Minum Susu di Bulan Puasa?

pada 7 tahun lalu - by

Susu merupakan produk yang ditakuti selama bulan puasa karena dianggap “berat” dan dapat memicu sakit perut. Jadi, muncul sebuah pertanyaan: kapansihwaktu yang tepat untuk minum susu di bulan puasa? Jawabannya:all the time.

 

[ BACA JUGA:Cara Cegah Dehidrasi saat Puasa Ramadhan]

 

Benar,ladies. Itulah yang disampaikan oleh Spesialis Kedokteran Olahraga, Dr. Rachmad Wishnu Hidayat, dalam acara buka puasa bersama Greendfields di Flow, Jakarta (14/6). Greenfields, yang merupakan penghasil produk susu di Indonesia sejak tahun 1997, ingin membudayakan minum susu dalam masyarakat Indonesia.

Sebenarnya, tidak ada yang perlu ditakuti dari susu, apalagi di bulan puasa ini. “Selama berpuasa, tubuh membutuhkan nutrisi yang lengkap agar tetapfit,” Dr. Rachmad menjelaskan. “Susu memiliki banyak kandungan yang diperlukan sehingga dapat membantu berikan rasa kenyang lebih lama.”

 Mungkin Anda sudah tahu bahwa susu mengandung kalsium dan protein yang bagus untuk tulang. Tapi selain itu, ternyata susu juga memuat vitamin B1, B2, B12, C, A, D, dan E.Wow, banyak sekali! Tambahan lagi, air juga merupakan salah satu kandungan terbesar dalam susu,lho. Pasti Anda pernah dengar perintah wajibminum 8 gelas air putih dalam sehari.Nah, Anda bisa menggantikan 2-3 gelas air tersebut dengan susu.Delicious!

 

[ BACA JUGA:7 Cara Lawan Rasa Lapar di Bulan Puasa]

 

Menurut Dr. Rachmad, membiasakan diri minum susu selama bulan puasa dapat memberikan beberapa manfaat, antara lain:

  • Waktu Sahur:Mencukupi kebutuhan zat nutrisi, terutama jika waktu sahur Anda sempit karena telat bangun.#guilty
  • Buka puasa:Karena merupakansport's drinkalami, susu sempurna untuk menggantikan cairan yang hilang selama berpuasa. Apalagi bagi Anda yang suka berolahraga sambil menunggu waktu berbuka.
  • Malam Hari:Melengkapi kebutuhan nutrisi dan membantu kualitas tidur dengan memicu hormon melatonin (hormon tidur).

 

Sekarang, tidak perlu ragu lagi mengonsumsi susu berkualitas di bulan puasa ini. Untuk Anda yang masih takut sakit perut, Dr. Rachmad mengingatkan bahwa hal ini tidak benarkok, kecuali bagi yang memang memiliki kondisi intoleransi laktosa. Jika tidak,drink up!Tohmasih ingatkanistilah 4 sehat 5 sempurna. Apa yang membuat sempurna? SUSU!(Sky Drupadi / SW / Image: Doc. YouTube / Fergie - M.I.L.F$)