WhatsApp Perluas Fitur Saluran di Indonesia, Kini Hadir Per Kategori

pada 2 hari lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id— Fitur saluran atau channel di WhatsApp semakin banyak digunakan oleh penggunanya sebagai cara baru menerima informasi. Kalau pada awalnya saluran WhatsApp didominasi oleh brand besar danpublic figureskala global saja, kini fitur tersebut semakin beragam dengan kehadiran berbagai kategori.

Jumat lalu, (20/09), WhatsApp baru saja mengumumkan Kategori Saluran, yang merupakan cara baru dan mudah bagi semua orang untuk mencari dan menemukan saluran yang mereka sukai. 

 

 

“Mulai hari ini, pengguna WhatsApp bisa mencari di antara tujuh kategori berbeda; termasuk Orang, Organisasi, Gaya Hidup, Olahraga, Hiburan, Bisnis, serta Berita & Informasi. Pada tab ‘Pembaruan’, silakan pilih ‘Jelajahi’ untuk melihat semua kategori dan saluran yang relevan di direktori,” tulis WhatsApp dalam keterangan yang diterima Uzone.id.

Dengan begini, kalian bisa lebih mudah untuk mencari saluran yang ingin diikuti sesuai dengan minat masing-masing tanpa tercampur dengan kategori lain.

Saat ini, tercatat sudah ada 500 juta orang di seluruh dunia yang menggunakan Saluran untuk terhubung dengan tokoh kesukaan mereka. 

Di Indonesia misalnya, beberapa nama seperti Ganta, Alwifachry, makanteruss, Free Fire Community ID Official, Timnas Indonesia, dan Persib jadi beberapa saluran populer yang paling banyak di-subscribe oleh pengguna di Indonesia.

 

 

Dirilis pertama kali di Indonesia pada September tahun 2023 lalu, fitur Saluran punya fungsi yang berbeda dengan chat biasa. 

Dalam fitur ini, pengguna bisa mendapatkan informasi berupa tulisan, foto, video, stiker dan polling dari orang/organisasi yang diikuti. Mirip dengan fitur Broadcast Instagram, pengguna tidak bisa mengirim pesan ke saluran yang mereka ikuti.

Karena bersifat private, admin dan anggota lain di Channel ini tidak akan melihat nomor telepon dan foto profil kalian. Lebih aman lagi, WhatsApp hanya akan menyimpan riwayat channel di server hingga 30 hari.