WhatsApp Rilis Voice Chat, Fitur Ngobrol Baru Mirip Clubhouse

pada 6 bulan lalu - by

Uzone.id– WhatsApp kembali meluncurkan fitur baru nih untuk pengguna setianya. Aplikasi perpesanan yang satu ini memang tidak kehabisan stok soal fitur-fitur yang akan dirilis dalam waktu dekat.

Kali ini, WhatsApp memperkenalkan fitur Voice Chat atau Obrolan Suara sebagai cara baru untuk berbincang dengan orang-orang di grup chat.

Sekilas, fitur ini mirip dengan Twitter Space dan Clubhouse, dimana pengguna bisa berdiskusi secara bebas dengan belasan hingga puluhan anggota di grup sambil melakukan aktivitas lain di dalam aplikasi.

“Mulai dari momen seru dalam pertandingan sepak bola hingga berbagi berita dengan keluarga besar, terkadang kita hanya perlu berbicara dengan sebagian anggota grup yang ada, sambil tetap terhubung melalui pesan dengan yang lainnya,” tulis WhatsApp dalam keterangan resmi.

 

 

Fitur ini berbeda dengan voice call group yang sudah ada. Jika telepon suara biasa akan berdering ke semua pengguna, voice chat ini akan muncul di dalam chat (in-chat bubble) tepatnya di bagian atas chatroom.

Tampilan ini memudahkan semua anggota grup untuk bebas keluar masuk ke ruang obrolan tersebut, tanpa perlu di-invite.

Selain itu, pengguna juga bisa melakukan aktivitas lain, termasuk menjawab obrolan dalam bentuk chat di waktu yang sama. Kalian juga bisa membisukan, menutup dan mengirim pesan tanpa meninggalkan diskusi ini.

Dari pantauanUzone.id, pengguna di Indonesia sudah bisa menggunakan fitur ini di grup-grup berskala besar.

 

 

Untuk menggunakannya, kalian bisa ikuti langkah berikut ini.

  1. Tekan ikon gelombang suara yang ada di bagian kanan atas ruang grup chat. 
  2. Setelah itu, klik ‘Mulai Chat Audio’ untuk memulai diskusi dengan senyap tanpa berdering.

Fitur Voice Chat ini sudah meluncur untuk pengguna iOS dan Android. Sayangnya, tidak semua grup chat bisa mendapatkan fitur ini karena WhatsApp baru saja merilisnya pada grup yang memiliki anggota lebih dari 33 orang. 

Kabarnya, WhatsApp belum memprioritaskan grup dengan jumlah kurang dari 30 untuk menggunakan fitur Voice Chat ini. Hal ini dikarenakan pengguna bisa menggunakan fitur panggilan/telepon yang sudah ada.