WhatsApp Versi iOS Bakal Dapat Fitur Ini, Pengguna Android Minggir Dulu

pada 1 tahun lalu - by

Uzone.id— Pengguna WhatsApp versi iOS lagi-lagi dapatbenefitlebih, WhatsApp berencana meluncurkan fitur terbaru yang berguna ketika mendapat pesan suara atauvoice note.

Melansir dariGizchina, Senin, (01/05), WhatsApp versi 2.23.9.70 akan menghadirkan fitur transkrip pesan suara yang memungkinkan kalian mengetahui isi pesan tanpa harus mendengar berkali-kali.

Nantinya, teks transkrip ini akan muncul di bawah pesan suara yang dikirim lawan bicara. Sangat memudahkan pengguna yang berada di tempat umum, ya.

Fitur WhatsApp yang satu sudah diuji coba ke beberapa pengguna dan akan terus bertambah ke pengguna WhatsApp Beta versi iOS lainnya.

Jika fitur ini sudah resmi dirilis, Transkrip Voice Note ini akan aktif secara otomatis, tapi WhatsApp juga memberikan opsi untuk mematikan fitur ini. Caranya, masuk ke Settings > Chat > Voice Message Transcript.

Fitur ini juga akan tersedia untuk bahasa yang ada di iOS device dan kabarnya tidak akan hadir di semua versi iOS karena menggunakan API terbaru dari iOS 16 untuk transkripsi suara secara lokal ke perangkat.

Selain fitur transkrip suara, WhatsApp juga akan menghadirkan fitur pencarian pesan suara yang diambil dari catatan isi transkrip. 

Fitur yang sangat berguna, kan? Sayangnya, keduanya hanya akan hadir di perangkat iOS saja, itu pun masih dalam tahap uji coba dan diperkirakan meluncur beberapa bulan yang akan datang.

Namun pengguna Android tak perlu berkecil hati karena bukan tak mungkin jika nantinya WhatsApp mengembangkan fitur yang sama untuk seluruh pengguna iOS dan Andriod.