"Wonderful Indonesia" Tayang di "Horizons d'Asie Prancis"

pada 8 tahun lalu - by
Advertising
Advertising


Tayangan Wonderful Indonesia dipastikan muncul di televisi Prancis dalam program “Horizons d’Asie". Sejumlah destinasi di Jakarta, Morotai, Ternate, Tidore, dan Manado, muncul di saluran M6, mulai 13 September 2016. Hal ini dinilai akan memperkaya eksposur destinasi Nusantara di publik Eropa.

“Ini adalah hasilfamtrip(promosi wisata), yang menjadi bagian program Kemenpar di bagian Famtrip EMEA (Europe, Middle East and Africa)dari divisiInternational Tourism Promotiondi bawah Asdep Pengembangan Pasar Eropa, Amerika dan Afrika, Agustus 2016. Tayangannya diputar lebih cepat dari jadwal,” terang Visit Indonesia Tourism Officer (VITO) Kemenpar, Eka Moncarre, Paris, Selasa (14/9/2016).

Sebelumnya, M6 berencana menayangkan acara ini pada akhir September 2016. Namun pada pertengahan September, semua video terkait destinasi di Jakarta, Morotai, Ternate, Tidore, dan Manado telah siap. M6 pun memutuskan untuk memajukan siaran Wonderful Indonesia di program “Horizons d’Asie.”

Pemilihan waktunya pun dirasa tepat, karena September merupakan bulan aktif bagi warga Prancis untuk kembali bekerja, setelah dua bulan sebelumnya liburan panjang musim panas.

“Indonesia akan menjadi bagian dari tayangan tentang Asia dengan judul 'Horizons d’Asie'.Akan ada sekitar 40 episode yang bisa disaksikan dan Indonesia mendapat porsi tayangan paling banyak, yaitu sekitar 15 episiode, berkat dukungan famtrip dari Kemenpar,” tambah Eka.

Horizons d’Asieakan menampilkan keindahaan alam Indonesia, kekayaan tradisi, budaya, dan gastronomi Indonesia. Episiode pertama akan dimulai pada 12 September dan berakhir sekitar 20 Oktober. Setiap hari, mulai Senin sampai Jumat, tayangan tentang Indonesia bisa dinikmati dua kali sehari, yang diputar tiap pukul 12.40 dan 20.40 waktu setempat.

Komposisi antara keindahan alam (nature) dan kekayaan budaya (culture) dibuat seimbang.Natureuntuk mengisi imajinasi pemirsa yang kasat mata, sedangkanculturememperkuatpositioning (posisi)Indonesia di level global.

Adapun pembawa acara tayangan Wonderful Indonesia, Stéphane Rotenberg. Namanya sangat populer di Prancis. Selama ini, diangetopdi “Amazing Race”,yang mengambil gambar di Indonesia pada 2009.

“Tayangan ini akan memberikan dampak sangat besar dalam mempromosikan Indonesia di Prancis. M6 adalah stasiun televisi terbesar kedua di Prancis setelah TF1, dan merupakan salah satu stasiun televisiofficialdi EURO cup,” beber Eka.

Ia menambahkan, pemirsa televisi adalah mereka yang khusus mencari lokasi liburan. Pada 10 Juli 2016, M6 mencetak rekor historik penonton tertinggi, yaitu mencapai 23,4 juta pemirsa.

“Bayangkan, kalau sekitar 23 juta orang Prancis melihat Indonesia, maka ini merupakan satu anugerah yang luar biasa untuk Wonderful Indonesia. Banyak negara-negara di Asia, tetapi yang dipilih M6 adalah Indonesia. Ini akan menjadivalue addedplus promosi yang tepat bagi Wonderful Indonesia di Prancis,” ujarnya.

Eka menyebut, Indonesia menjadi negeri yang menarik untuk pasar Eropa. Iklimnya hangat sepanjang tahun, memiliki pantai dan laut yang jernih, serta sinar mataharinya yang digemari karena membuat kulit semakin eksotik.

"Itulah yang terus kami presentasikan di semua komunitas, industri, di banyak momentum, dan selalu mendapat respons yang baik," katanya.

Menpar Arief Yahya menyambut gembira liputan hasilfamtripke banyak titik destinasi di Indonesia itu. Promosi melalui media dinilai jauh lebih efektif, karena ditonton oleh jutaan pasang mata.

Ia berharap, edisi digitalnya pun diunduh diYoutubedan berbagai media sosial yang lain.

"Bentuknya bisaVoD,video on demandyang dipasang di mediaonlinemereka. Kita bisa lihat, seberapa efektif dilihat dan diperhatikan orang? Berapa lama durasi melihatnya dan sebagainya!" tandasnya.

 



Berita Terkait: